Dari Otoklix, Ini Saran Mengatasi Mobil Tak Bisa Distarter

by

Koran Jogja – Salah satu masalah yang menghantui setiap pemilik kendaraan adalah mobil tiba-tiba tidak bisa distarter. Biasanya hal ini terjadi karena beberapa sebab seperti aki yang sudah tekor atau rusak. Namun jangan panik, ternyata ada cara mengatasi mobil tidak bisa distarter. Bagaimana caranya? Berikut ulasan lengkapnya dari Otoklix.com.

Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter

Saat berkendara, apa saja bisa terjadi pada mobil, termasuk mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala atau mobil tidak bisa distarter bunyi tek-tek. OtoFriends tak perlu panik, ini cara mengatasi mobil tidak bisa distarter.

Akan kurang nyaman berkendara dan mendapati tiba-tiba mobil tidak bisa distarter bunyi tek-tek. Apa penyebab starter dan mesin berputar namun mesin tidak mau menyala?

Mungkin penyebabnya terletak pada sambungan kabel yang kendur atau gangguan fungsi pada alternator dan aki mobil. Yuk, cari tahu cara mengatasi mobil tidak bisa distarter dan penyebabnya agar performa mesin mobil kembali prima.

Ada tujuh cara mengatasi mobil tidak bisa distarter, beberapa di antaranya bisa kita lakukan sendiri di rumah.

1. Periksa kesehatan komponen fuel pump

Umumnya, penyebab dinamo starter mobil tidak bisa distarter karena adanya kerusakan pada komponen fuel pump. Fuel pump berperan sebagai pengatur aliran bahan bakar. Saat fuel pump mengalami gangguan fungsi maka bisa jadi mobil jadi tidak bisa distarter.

Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter karena fuel pump yang bermasalah adalah dengan melihat multi information display atau MID di bagian dashboard mobil. Pada layar check engine speedometer akan tertera informasi kondisi terkini fuel pump.

Jika ternyata fuel pump bermasalah maka bawa mobil ke bengkel mobil terdekat untuk diperiksa oleh teknisi lebih lanjut.

2. Bersihkan atau ganti busi mobil

Jika sumber persoalan mobil tidak bisa distarter adalah busi mobil, maka kita bisa memeriksa kondisi mobil apakah kotor atau tidak. Apabila ternyata busi mobil kotor maka kita bisa memperbaikinya di rumah dengan membersihkan busi mobil menggunakan kain.

Akan tetapi, bila ternyata kondisi busi sudah berkarat, rusak, atau busi aus maka kita perlu membawanya ke bengkel untuk segera diganti dengan busi mobil yang baru.

3. Bersihkan karburator mobil

Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter karena banyak kotoran, debu, dan noda yang menempel di karburator mobil adalah dengan membersihkannya di bengkel mobil.

Apabila ditunda maka fungsi karburator mobil sebagai penyalur bahan bakar yang dibutuhkan ruang pembakaran jadi terganggu dan menyebabkan mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala.

4. Periksa kondisi aki mobil

Aki mobil bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Sebab, aki mobil memiliki peran penting dalam sistem kelistrikan mobil sehingga apabila aki mobil rusak maka bukan mobil saja yang tidak bisa distarter tetapi komponen mobil lain yang membutuhkan aliran listrik akan ikut bermasalah.

Periksa aki mobil mulai dari kabel koneksi aki, apakah ada kabel sambungan yang kendur. Jika ada sambungan kabel yang kendur maka segera kencangkan kabel tersebut dengan cara melepaskan kabel, membersihkan kabel tersebut lalu memasangnya lagi dengan kencang.

Periksa juga kedua kutub aki mobil dengan cara melepas kutub positif aki mobil dan bersihkan kotoran yang menempel pada aki mobil. 

Setelah itu, periksa indikator panel instrumen untuk mengetahui apakah aki mobil menyala atau sebaliknya. Apabila aki mobil tidak menyala, maka sebaiknya ganti aki mobil dengan yang baru.

5. Periksa suhu koil secara rutin

Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter selanjutnya adalah dengan rutin memeriksa suhu koil. Pasalnya, saat suhu koil mobil terlalu tinggi maka mesin mobil jadi sulit dinyalakan. Hal inilah yang menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter.

Walaupun ternyata mobil bisa distarter tetapi mobil tetap diam maka bisa jadi koil mobil sudah rusak dan harus segera diganti dengan yang baru.

6. Cek alternator dan dinamo starter

Sebenarnya, baik alternator maupun dinamo starter mobil, kedua komponen mobil ini jarang sekali mengalami kerusakan. 

Alternator dan dinamo starter mobil bisa rusak dikarenakan usia pemakaian komponen yang melebihi batas penggunaan atau karena kita sering mengemudi mobil dengan sembarangan. 

Alternator memiliki peran yang cukup krusial sebagai penyalur dan pengontrol tegangan pada daya listrik air aki mobil agar selalu stabil. Sementara itu, dinamo starter mobil berfungsi sebagai penggerak mobil agar bisa melaju.

Meskipun kedua komponen ini jarang sekali rusak, namun tak ada salahnya kita memeriksa alternator dan dinamo starter saat mobil tidak bisa distarter. 

Bawa mobil ke bengkel mobil untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan komponen mobil. Mekanik akan menyarankan untuk mengganti kedua komponen tersebut saat rusak.

7. Periksa sekring mobil

Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter yang terakhir adalah dengan memeriksa sekring mobil. Cara ini merupakan cara terakhir mengatasi mobil tidak bisa distarter saat OtoFriends sudah memeriksa aki mobil dan karburator. 

Apabila aki mobil dan karburator dalam keadaan baik dan stabil, maka bisa saja penyebab mobil tidak bisa distarter terletak pada sekring mobil.

Sekring memiliki dua kutub yakni kutub positif dan negatif yang dihubungkan dengan kabel penghubung. Saat kabel penghubung tersebut putus maka dampaknya adalah mobil jadi sulit distarter. 

Cara mengatasi mobil tidak bisa distarter karena kabel penghubung sekring yang putus adalah dengan menyatukan kembali kabel tersebut di bengkel mobil terdekat.

Ada beberapa cara mengatasi mobil tidak bisa distarter yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Kendati demikian, sebaiknya percayakan perbaikan mobil di bengkel mobil. Untuk mencari tahu bengkel mobil terdekat bagus dengan mekanik berpengalaman, OtoFriends bisa mencari tahu informasinya melalui portal otomotif Otoklix.

Sebab-sebab mobil tidak bisa distarter

Struktur mobil, khususnya mesin mobil cukup kompleks dan saling berkaitan satu sama lain sehingga bila satu komponen mengalami kerusakan atau gangguan fungsi sehingga kurang bisa bekerja secara maksimal maka bisa berpotensi merusak komponen mobil yang lainnya.

Sama halnya dengan penyebab mobil tidak bisa distarter, ada banyak pemicu yang bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala atau mobil tidak bisa distarter keluar bunyi tek-tek, di antaranya:

Dinamo starter, sekalipun dinamo starter termasuk golongan komponen mobil yang jarang sekali rusak. Akan tetapi, dinamo starter bisa rusak bila kita mengendarai mobil dengan sembarangan atau usia pakai dinamo starter telah habis.

Aki mobil, komponen mobil yang satu ini memiliki peran yang cukup vital dalam kelancaran sistem kelistrikan mobil. Jadi, saat aki mobil rusak maka mobil jadi tidak bisa distarter.

Bahan bakar mobil, bila bahan bakar mobil tersumbat maka sulit menyalurkan bahan bakar di ruang pembakaran. Dampaknya adalah mobil jadi tidak bisa distarter dan mesin tidak menyala.

Busi, busi mobil yang karat, kotor dan korosi bisa menghambat percikan api yang dibutuhkan ruang pembakaran untuk menyalakan mesin mobil.

Koil, peran koil mobil yakni mengkonversikan tegangan aki menjadi daya listrik. Saat suhu koil mobil panas, maka mobil tidak bisa distarter.

Alternator, penyebab mobil tidak bisa distarter tapi lampu menyala atau mobil tidak bisa distarter bunyi tek-tek yang terakhir adalah alternator mobil yang rusak. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *