Di Kodam Brawijaya, BPIP Kenalkan Buku Diklat Pancasila Untuk TNI

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi memperkenalkan bahan ajar Pembinaan Ideologi Pancasila untuk kalangan TNI ke Kodam V Brawijaya, Jawa Timur.

Bertemu dengan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nuchahyanto pada Jumat (25/3). Yudian menjelaskan latar belakang mengapa buku Diklat Pancasila ini penting untuk disosialisasikan, salah satu alasan utamanya adalah peran penting TNI dalam menangkal segala bentuk tindakan ekstrimism, sekulerisme, dan radikalisme.

“Disinilah mengapa TNI selalu hadir dalam segala bentuk proses keamanan dan diplomasi negara Pancasila,” jelasnya.

Yudian menyebut beberapa aktivitas yang secara konsisten diamalkan antara lain pengamanan objek vital nasional yang bersifat strategis, bertugas membantu perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri negara Indonesia, hingga membantu menanggulangi bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.

“Oleh karena itu, kita perlu mendorong dan berkolaborasi agar Pembinaan Ideologi Pancasila mampu disosialisasikan melalui berbagai aktor di tingkat akar rumput, baik dari kalangan masyarakat maupun pemerintah, termasuk TNI-AD”, tegasnya.

Stafsus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Benny Susetyo menyatakan kerjasama dan kolaborasi ini juga menjadi wahana dan kesempatan bagi BPIP untuk membumikan Pancasila di tingkat daerah.

“Juga, untuk memberikan penyuluhan pentingnya kedisiplinan bagi para Paskibraka yang telah menjadi tanggungjawab BPIP agar dapat diajarkan oleh TNI. Ini juga bisa untuk jadi kader-kader Pancasila. Saya kira kita juga memiliki kerjasama dengan Lemhanas, ini harapannya akan bisa berjalan dengan baik”, jelasnya.

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto menyatakan siap mendukung serta memfasilitasi Pembinaan Ideologi Pancasila yang menjadi salah satu program prioritas di masa kepemimpinan Presiden Ir. Joko Widodo.

Ia pun siap jika nantinya daerah militer Jawa Timur dijadikan pilot project program Pembumian Pancasila.

“Kami sangat mengapresiasi kedatangan BPIP dan siap mendukung semua program dan kegiatan BPIP dalam.pembumian Pancasila”, terangnya.

Ia juga mengakui banyak program yang dibuat bahkan sudah berjalan, baik mengenai pembangunan infrastrukur seperti program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) maupun penguatan kebangsaan termasuk Penanaman nilai-nilai Pancasila.

Salah satunya melalui pembentukan kampung Pancasila.

Dirinya juga mengaku dengan dijadikan pilot project Pembumian Pancasila dengan metode kekinian, Pangdam V/Brawijaya akan selalu konsisten dalam menjalankan program kegiatan apalagi perintah dari panglima.

“Intinya kami siap apapun kegiatan dan program untuk pembumian Pancasila”, tutupnya. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *