Digunakan KAI, UGM Nyatakan GeNose Karya Anak Bangsa

by
GeNose C19

Yogyakarta, Koran Jogja – Digunakannya GeNose C19 sebagai alat pemeriksa kesehatan di stasiun menjadikan karya Universitas Gadjah Mada sebagai kebanggaan anak bangsa.

PT KAI resmi menggunakan GeNose sebagai satu alternatif pemeriksaan bagi penumpang jarak jauh di dua Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta mulai Jumat (5/2).

“Implementasi GeNose di kereta api memberi opsi skrining kesehatan bagi calon penumpang KA trayek jarak jauh dan juga bagi awak KA,” kata Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM Hargo Utomo, Rabu (3/2).

Hargo mengatakan implementasi di KA ini tidak dimaksudkan untuk mendorong mobilitas orang yang mungkin bisa bertentangan dgn kebijakan PSBB/PTKM.

Tetapi lebih memberikan pilihan bagi masyarakat dalam proses skrining kesehatan untuk mitigasi risiko pandemi Covid-19.

GeNose sendiri adalah produk inovasi berbasis riset berupa hidung elektronik pendeteksi Volatile Organic Compound dalam napas manusia sebagai salah satu alat tes pemeriksaan Covid-19.

“Faktor kenyamanan, harga yang sangat terjangkau, hasilnya cepat dan akurat merupakan daya tarik bagi masyarakat,” katanya.

Produk ini mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan pada Desember tahun lalu dan penggunaannya untuk screening Covid-19 bagi penumpang kereta api jarak jauh di wilayah Pulau Jawa disetujui oleh Satgas Covid-19 dalam Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri di Masa Pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan ini menjadi kebanggaan kita semua sebagai karya anak bangsa,” ucap Hargo.(set)