Dipusatkan di Yogyakarta, BPIP Kembali Selenggarakan Ikon Prestasi Pancasila

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kembali menyelenggarakan pemberian anugerah Ikon Prestasi Pancasila kepada individu maupun komunitas yang mampu menjadikan Pancasila inspirasi bagi banyak orang.

Diselenggarakan di Kota Yogyakarta, acara pemberian anugerah bagi 45 orang, kelompok atau komunitas pada Sabtu (3/12) malam.

Melalui rilis yang dikirimkan pada Selasa (6/12) pagi, Kepala BPIP Yudian Wahyudi menerangkan pemberian penghargaan yang sudah dirintis sejak 2017 ini sesuai dengan Peraturan BPIP RI Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Tahun 2020 – 2024.

“Dimana salah satu tugas kami adalah memberikan arah dan mendorong penguatan praktik positif (positive reinforcement) dengan proses apresiasi dan penghargaan yang pantas (reward) agar Pancasila dapat dialami dalam praksis hidup yang dapat dilihat, dicontoh, dan menjadi keteladanan yang memberi inspirasi bagi banyak orang,” kata Yudian.

Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila menurut Yudian merupakan apresiasi terhadap putra-putri terbaik di seluruh penjuru tanah air yang senantiasa gigih berkarya dan menorehkan prestasi yang berdampak baik bagi negara dan bangsa Indonesia.

“Para peraih anugerah ini diharapkan menjadi mitra strategis BPIP dalam upaya pembumian nilai-nilai Pancasila yang teraktualisasi dalam laku hidupnya sehingga mampu menjadi inspirasi nyata di seluruh lapisan masyarakat,” lanjut mantan rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.

Dirintis sejak 2017 oleh Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), anugerah ini sudah diberikan pada 72 penerima dan diberikan saat peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Sehubungan dengan masa peralihan dan revitalisasi organisasi menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), penyelenggaraan kegiatan Ikon Prestasi Pancasila baru kembali diselenggarakan pada tahun 2019 dengan memilih sejumlah 74 Ikon.

“Kemudian secara berturut-turut mengiringi momentum perayaan Hari Kemerdekaan dengan memilih 75 Ikon di tahun 2020, dan pada tahun 2021 memilih 76 Ikon Prestasi Pancasila,” kata Yudian.

Dilanjutkan, tahun ini penyelenggaraan Ikon Prestasi Pancasila memilih 45 Ikon Prestasi Pancasila baik individu, kelompok, maupun komunitas yang dipilih dalam lima kategori, yakni: Sains dan Inovasi, Olahraga, Seni dan Budaya, Kewirausahaan Sosial, serta Tokoh dan Penggerak Lintas Iman.

Semua yang terpilih oleh dewan juri ini dinilai mencerminkan semangat perjuangan atau elan manusia Indonesia dengan menunjukkan suatu inspirasi keteladanan bagi seluruh elemen bangsa untuk menguatkan rasa bangga dan cinta pada tanah air Indonesia.

Ikon Prestasi Pancasila sendiri merupakan wujud pribadi, kelompok, maupun komunitas yang melaksanakan Pancasila dalam tindakan, dan dilakukan secara tulus dan konsisten, baik dicerminkan melalui karya, prestasi nasional, maupun internasional. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *