Doakan Sultan Panjang Umur, Abdi Ndalem Gelar Labuhan

by

Bantul, Koran Jogja – Digelar dengan peserta terbatas, para abdi dalem keraton Ngayogyakarta menggelar labuhan di Pantai Parangkusumo dengan tujuan mendoakan Sultan HB X panjang umur pada Jumat (3/3) pagi.

Bertepatan dengan tanggal 30 Rejeb 1955 Alip atau 4 Maret 2022, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Hajad Dalem Labuhan Patuh untuk memperingati Tingalan Jumenengan Dalem (peringatan naik tahta) Sri Sultan Hamengku Buwono X Ke-34.

Labuhan Patuh ini turut dihadiri putri bungsu Sultan HB X, GKR Bendara beserta suaminya KPH Yudanegara. Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Kepala Dinas Kebudayaan Bantul Nugroho Eko Setyanto.

Upacara dipimpin Wakil Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta KRT Wijoyo Pamungkas.

Dirinya menjelaskan ada sebanyak 30 ubarampe yang dilabuh mulai dari pakaian hingga potongan rambut dari Sultan HB X.

“Labuhan hari ini ada tiga lokasi yakni di Pantai Parangkusumo, Gunung Merapi dan Gunung Lawu. Namun untuk hari ini labuhan dilaksanakan di Pantai Parangkusumo sedangkan Labuhan di Gunung Merapi dan Gunung Lawu baru akan dilaksanakan Sabtu (5/3/2022) besuk,”jelasnya.

Menurutnya, setiap tahun Keraton Yogyakarta menggelar labuhan yakni labuhan kecil atau patuh dan labuhan besar. Labuhan besar ditambah satu lokasi yakni di Dlepih, Wonogiri.

Sementara labuhan patuh atau kecil dilaksanakan di Pantai Parangkusumo, Gunung Merapi dan Gunung Lawu.

Bupati Halim mengatakan sesuai dengan tradisi, setiap kali jumenengan dalem Sri Sultan HB X selalu ada tradisi labuhan.

Uba rampe atau barang-barang yang dilabuh adalah barang-barang apa saja yang pernah dipakai oleh Sultan HB X sebagai simbol untuk membuang keburukan.

Dalam waktu yang bersamaan juga ada sedekah apem yang merupakan lambang permohonan maaf dari segala kesalahan yang pernah dilakukan oleh masyarakat Yogyakarta dan dimintakan maaf kepada Tuhan YME.

“Jadi apem mustoko, itu simbol permohonan maaf kepada Tuhan YME dan permohonan maaf dilakukan bersama-sama maka simbol apemnya juga besar (apem mustaka),” ucapnya. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *