DPRD Bantul Apresiasi Padat Karya Di Masa Pandemi

by

Bantul, Koran Jogja – Anggota Komisi C DPRD Bantul Rony Wijaya Indra Gunawan mengapresiasi keberadaan proyek padat karya 2021. Dirinya meminta bagi warga yang usulannya belum terealisasi untuk bersabar.

Hal ini disampaikan Rony saat melaksanakan kegiatan reses ke III 2021, Sabtu (16/10) malam di Balai Desa Karangtalun, Kecamatan Imogiri.

“Saya mengapresiasi keberadaan proyek padat karya oleh Pemda Bantul. Kegiatan ini merangsang pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja, khususnya di masa pandemi,” kata Rony yang berasal dari Dapil III yang meliputi Imogiri, Pleret, dan Dlingo.

Salah satu yang diapresiasi Roni adalah pengerjaan talud Kali Celeng yang berfungsi mengurangi bencana banjir tahunan.

“Karena ada refocusing anggaran, beberapa usulan yang masuk pada masa reses tahun lalu tidak semuanya terealisasi,” lanjutnya.

Dia berharap, usulan yang tertunda ini bisa terealisasi pada program di tahun depan. Dia meminta warga yang mengusulkan untuk bersabar.

“Tahun depan kemungkinan anggaran untuk proyek akan mengalami penurunan sebanyak 20 persen. Mungkin dengan alasan agar banyak usulan yang bisa terealisasi,” lanjutnya.

Demikian juga dengan usulan lampu penerangan, Roni mengatakan dari kordinasi dengan Dinas Perhubungan akan ada 10 titik yang akan dipasang tahun depan di Imogiri.

Ketua RT 01 Dusun Karangtalun, Marsudi menjelaskan keberadaan talud sebanjang 19 0 meter di Kali Celeng diharapkan mampu menangani banjir tahunan.

“Kedepan, saya mengusulkan adanya penambahan sarana dan prasana keselamatan dalam penanggulangan banjir. Semisal penambahan perahu karet yang saat ini baru satu yang kami miliki,” jelasnya.

Keberadaan perahu karet dan sarana prasarana keselamatan, yang bisa difungsikan saat banjir. Akan menjadi pendukung lahirnya forum relawan penanggulangan bencana (FRPB).

Mengenai keberadaan lampu penerangan jalan, Marsudi berharap sepanjang jalan dari belakang Pasar Hewan ke timur sejumlah 7 titik terpasang.

Kepala Seksi Konservasi dan Pengendalian Daya Rusak Air Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman Bantul, Wartini mengatakan usai pengerjaan talud Kali Celeng. Kedepan, rencana akan dibangun embung di perbukitan Ijo di kawasan Hutan Kagama.

Tahun ini melalui Dinas Tenaga Kerja, Pemkab Bantul mengulurkan program padat karya di 103 titik dengan nilai masing-masing Rp100 juta. Proyek ini meliputi pembangunan talud, cor blok, dan saluran irigasi.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *