DPRD DIY Apresiasi Penerapan Prokes Ketat Di TPS

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Di tengah kondisi penularan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta, Wakil Ketua DPRD Huda Tri Yudiana mengapresiasi penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat di tempat pemungutan suara (TPS) di Pilkada tiga Kabupaten.

Pemda DIY diminta melakukan tindakan signifikan guna mengurangi laju pertambahan penularan yang sudah sangat massif.

“Ditengah keprihatinan penyebaran, Alhamdulillah secara umum pantauan kami di berbagai TPS dilaksanakan penuh protokol kesehatan. Pilkada di tiga kabupaten sudah berlangsung dengan baik,’ kata Huda melalui rilisnya, Kamis (10/12).

Diselenggarakan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari warga lokal, Huda melihat masyarakat di sekitar TPS memiliki kesadaran tinggi dan sistem sosial yang baik.

“Ini artinya kita bisa mempercayakan pencegahan di lingkungan tempat tinggal pada sistem sosial warga sendiri,” lanjutnya.

Baginya sekarang ini adalah waktu yang tepat bagi Pemda DIY untuk melakukan pencegahan maksimal di tempat umum. Dimana saat ini ada pengabaian protokol kesehatan di tengah keramaian.

Huda mengatakan diperlukan penegakan dan pembatasan serius di tempat umum seperti membatasi jumlah pengunjung, menjadwalkan pengunjung, melakukan penjagaan ketat, bagi pelanggar protokol kesehatan tidak boleh tidak masuk, dan sebagainya.

“Pelibatanaparat secara lebih massif perlu disegerakan, pasalnya Satpol PP saja tidak cukup. Apalagi sebentar lagi ada libur panjang, dan pengalaman sebelumnya ada kenaikan kasus drastis,” jelasnya.

Jangan sampai nantinya libur panjang akhir tahun ini menambah lagi jumlah penghuni bed-bed Covid yang sudah penuh di berbagai RS. Kondisi bakal membuat tenaga medis sudah sangat kelelahan luar biasa dimungkinkan tertular.

“Ini realitas yang harus disikapi serius. Jangan sampai sistem pelayanan kesehatan di DIY tidak mampu merawat pasien lagi,” tegasnya.

Apresiasi penerapan prokes ketat di TPS juga diungkapkan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Menurutnya pilkada tiga kabupaten berjalan lancar, tertib dan tidak terjadi hal-hal negatif khususnya di tengah pandemi Covid-19.

“Desain waktu kedatangan pemilih yang bergantian sangat tepat. Sistem ini relatif mengurangi kerumunan baik saat pemungutan maupun penghitungan suara di TPS,” kata Sultan.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *