Fokus Pandemi, Proyek Pembangunan di Jogja Alami Perubahan

by
Koran jogja

Yogyakarta, Koran Jogja -Pelaksanaan pembangunan DIY di tahun 2020 sempat mengalami perubahan pada tema kegiatannya. Perubahan ini merupakan akibat dari hadirnya pandemi Covid-19 di tengah masyarakat.

Hal ini diungkapkan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat Rapat Paripurna (Rapur) DPRD DIY pada Jumat (26/03) di Gedung DPRD DIY, Jalan Malioboro 54, Yogyakarta.

“Tema yang sebelumnya mengenai percepatan pembangunan infrastruktur dan peningkatan SDM untuk pertumbuhan berkualitas, berubah menjadi penanganan kesehatan dan sosial kemasyarakatan dan penguatan ekonomi dalam meminimalisir dampak pandemi,” ungkap Sri Sultan.

Rapur DPRD DIY kali ini masuk pada masa persidangan pertama tahun sidang 2021 dan dilaksanakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Agenda Rapur DPRD DIY 2021 dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD DIY, Suharwanto, S.T., dan dihadiri pula oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, Asisten Sekretaris Daerah serta seluruh jajaran pejabat Pemda DIY dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Sri Sultan pun menjelaskan terkait komitmen pemerintah dalam menyusun Laporan Kinerja dan Pertanggungjawaban (LKPJ) setiap tahunnya.

Menurut Sri Sultan, penyusunan LKPJ Pemerintah Daerah merupakan salah satu wujud akuntabilitas pemerintah daerah dalam mengemban amanah.

“Selain itu, LKPJ juga sebagai barometer keberhasilan pemerintah daerah dalam setiap proses pembangunan yang dilaksanakan, sekaligus sebagai evaluasi perencanaan selanjutnya. Secara garis besar LKPJ 2020 menjadi gambaran hasil pelaksanaan rencana pembangunan pemerintah daerah sebagaimana yang termuat dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DIY 2020,” ujar Sri Sultan.

Rapur DPRD DIY yang dilaksanakan kurang lebih selama satu jam ini juga memuat banyak pembahasan lainnya, di antaranya Kebijakan Umum Pengelolaan Keuangan Daerah, Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah, Penyelenggaraan Tugas Pembantuan Daerah, Program Strategis Pemerintah Daerah, dan Penyelenggaraan Tugas Umum Daerah.

Selain bahasan yang telah diuraikan sebelumnya dan juga perubahan tema kegiatan program kerja Pemerintah Daerah DIY 2020, Sri Sultan juga mengungkapkan harapannya kepada seluruh hadirin pada Rapur DPRD DIY kali ini untuk terus menjaga rasa optimisme dan semangat dalam menghadapi akibat pandemi Covid-19 yang belum juga pulih sepenuhnya, agar dapat melanjutkan agenda pembangunan yang sempat tertunda pada tahun 2020.(rls)