Pelaku Pembakar Toti, Dua Ditangkap Satu Dalam Pelarian

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Dengan rentang satu bulan dan viralnya di Twitter, dibawa pimpinan langsung Direskrimum Polda DIY Kombes Ade Syam Indriadi.

Dua dari pelaku penganiayaan hingga menyebabkan luka bakar terhadap Dimas Toti Putra (21) ditangkap.

Dalam jumpa pers di Mapolresta Yogyakarta, Selasa (26/4), Kombes Ade menyatakan penganiayaan terhadap Toti di rumahnya Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan pada 23 Maret malam.

“Dua tersangka yang kita amankan adalah Japa (21) dan Alfian (22). Sedangkan tersangka lainnya, Zikril yang melarikan diri pulang ke Lampung usai kejadian akan diantarkan orang tuanya,” jelasnya.

Kasus ini berawal dari kedatangan tiga pelaku ke rumah korban untuk menanyakan knalpot R9 milik satu rekan lainnya.

Knalpot ini menurut Ade diduga kuat terkait dengan kasus pidana lainnya yang dilakukan korban dan tiga pelaku sebelumnya di sekitaran Terminal Giwangan.

Tidak puas dan emosi atas jawaban yang diberikan Toti, Japa kemudian melakukan pemukulan dan menyiramkan bensin yang ditemukan di kamar korban.

Japa juga menyalakan korek gas yang juga dinyatakan ditemukan di TKP, meski dinyalakan jauh namun api menyambar korban.

“Sampai saat semua yang kami sampaikan masih merupakan keterangan dari kedua pelaku. Sedangkan korban belum kita interogasi karena masih mendapatkan perawatan lukanya yang mencapai 80 persen di RS Sardjito,” terangnya.

Kombes Ade menyatakan polisi selain menjerat pelaku dengan pasal berlapis dari mulai pasal 56, 170, 354 dan 355 KUHP yang ancaman delapan sampai dua belas tahun penjara.

Polisi juga akan menjerat bagi siapapun yang terbukti dengan sengaja menyembunyikan pelaku dengan pasal 221 KUHP yang ancamannya sembilan bulan penjara. Mengenai siapa yang menyembunyikan, Ade mengatakan saat ini masih dalam penyelidikan.

Usai jumpa pers, ditanya apakah ada kemungkinan Toti nanti ditetapkan sebagai tersangka. Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto berujar ‘Saya tidak menyatakan hal itu’.

“Besok kita rilis di Polsek Umbulharjo kasus penganiayaan di Giwangan. Silahkan datang, saya tunggu,” kata Yuliyanto. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *