Gua Kalisuci Gunung Kidul, Tawarkan Susur Sungai Bawah Tanah

by
gua kalisuci gunungkidul. (dinas pariwisata gunung kidul)

Gua Kalisuci Gunungkidul. (dinas pariwisata gunung kidul)

Gunungkidul, Koran Jogja – Gua Kalisuci di Gunung Kidul menawarkan keindahan stalagtit dan stalagmit, sekaligus bisa menyusuri sungai bawah tanah dengan air yang jernih.

Gua Kalisuci ini berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu atau berjak sekitar 50 kilometer dari Kota Yogyakarta, dengan waktu tempuh 1,5 jam memakai kendaraan.

Gua Kalisuci berada di kawasan Karst Gunungsewu, yang menjadikannya sebagai salah satu warisan alam dunia. Destinasi seperti ini hanya ada di Indonesia, Mexico dan juga Selandia Baru.

Pengunjung di Gua Kalisuci bisa mencoba memacu adrenalinnya dengan mengakses layanan cave tubing yang disediakan oleh pengelola wisata setempat.

Wisatawan diajak menyusuri sungai bawah tanah memakai ban pelampung. Sensasi kesegaran air sungai yang jernih akan didapatkan. Pengunjung tak perlu khawatir karena pengelola pun telah mempertimbangkan dari sisi savety.

Selain ban pelampung, pengunjung akan dilengkapi dengan peralatan keamanan lainnya seperti jaket pelampung, headlamp, helm, pengaman lutut dan kaki.

Selama menyusuri sungai bawah tanah itu, wisatawan bisa sambil menikmati keindahan ornamen stalagtit dan stalagmit yang membuat kagum.

Aliran sungai yang meliuk-liuk, kokohnya tebing karst, dan jeram sungai menambah keseruan selama perjalanan.

Kegiatan susur gua ini sendiri memakan waktu kurang lebih selama 1,5 jam dengan panjang trek sekitar 700 meter berupa tiga sungai terbuka dan 2 sungai goa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *