Heboh Video Bagi Uang di Yogya, PP DIY: Kegiatan Kemanusiaan

by 5 months ago

Yogyakarta, Koran Jogja –Heboh sebuah video salah seorang wanita membagikan uang kepada masyarakat di salah satu jalan Kota Yogyakarta di tengah pandemi Covid-19. Setelah ditelusuri, wanita tersebut bernama Yuni Astuti, Ketua Badan Pengusaha Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Saat dikonfirmasi, Yuni mengatakan itu merupakan suatu kegiatan sosial yang dilakukannya untuk membantu warga terdampak pandemi Covid-19. “Kegiatan itu untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak ekonominya,” katanya saat dikonfirmasi pada Senin (4/5).

Kegiatan kemanusiaan itu sebenarnya sudah dilakukan di beberapa lokasi, seperti di Kabupaten Gunungkidul dan di Kota Yogyakarta pada Minggu (3/5) sore. “Selanjutnya kami akan lakukan di Kulon Progo,” kata.

Yuni mengatakan kegiatan itu juga biasa dilakukan saat masa Ramadan tahun-tahun sebelumnya. Ia menyebut pada tahun sebelumnya pembagian dilakukan dengan cara berjalan kaki. Namun karena saat ini sedang menghadapi masa pandemi Covid-19, maka dibagikan dengan cara berkendara.

Yuni juga menyebut meski masa pandemi Covid-19, tak menyurutkannya untuk tetap menggelar aksi sosial ini. “Saya terinspirasi dengan Pak Jokowi yang membagi-bagikan sembako,” kata istri dari Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) DIY, Faried Jayen Soepardjan itu.

Dalam video yang tersebar di WhatsApp Grup (WAG) tersebut, Yuni berdiri di jendela mobil yang dibuka di bagian atasnya. Ia membagikan sejumlah uang kepada masyarakat di sekitar Jalan Urip Sumoharjo Kota Yogyakarta.

Mobil Hummer yang berjalan pelan tersebut melaku ke arah barat melalui simpang empat Galeria Mall dan depan RS Bethesda Jalan Jenderal Sudirman. Warga yang beraktivitas di sekitarnya, seperti pedagang, pengemudi ojek online (ojol) maupun karyawan toko pun menghampirinya.

Yuni menyebut tak hanya uang saja yang dibagikan. Namun juga ada Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker dan juga makanan dan minuman untuk berbuka puasa. “Ada sekitar 2.400 masker yang dibagikan. Mudah-mudahan digunakan,” ucapnya.(rid/eks)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *