Honda HR-V: pintar dalam segala hal

by

Koran Jogja – Jadi inilah dia, Honda HR-V baru, SUV kompak, yang begitu modis akhir-akhir ini, melawan Ford Puma dan Volkswagen T-Roc.

Ini didasarkan pada Honda Jazz, versi hibrida, yang merupakan awal yang baik, dan sistem hibrida bensin-listrik adalah satu-satunya pilihan – tidak ada diesel, tentu saja, tetapi juga, sayangnya, tidak ada varian listrik murni.

Produk baru Honda e yang cantik, adalah keajaiban listrik, dan menunjukkan apa yang bisa dilakukan Honda, yang masih merupakan pemain independen dalam industri raksasa yang diaglomerasi.

Kesempatan yang hilang, tentu saja, karena tidak ada hibrida, tidak peduli seberapa pintar, dapat mendekati kendaraan listrik baterai semua-listrik. Honda perlu menambah kecepatan dengan transisi ke listrik.

Berbicara tentang kecanggihan, HR-V pintar dalam segala hal. Gaya coupe-SUV dengan garis-garis berotot dan gagang pintu tersembunyi di pintu penumpang belakang, yang membuatnya terlihat seperti tiga pintu.

Tidak ada gunanya melakukan itu, dan pegangannya agak canggung untuk digunakan, tetapi itu menambahkan sedikit minat visual. Bilah kisi-kisi berwarna tubuh, yang hanya benar-benar berfungsi pada versi merah, yang merupakan warna yang cukup berani untuk Anda perhatikan.

Interiornya juga cerdas, cukup rapi, layar sentuh 9 inci yang bagus, bahan berkualitas tinggi di mana-mana dan sensasi sentuhan presisi yang bagus yang biasanya Anda dapatkan di Honda.

Ini merembes kualitas. Meskipun Honda belum pernah mencapai status “premium”, sebagian besar produknya lebih andal dan beberapa lebih tahan lama daripada saingannya di Jerman. Tidak ada rasa kesempatan, tetapi tidak ada yang akan jatuh.

Hal-hal yang benar-benar cerdas ada di bawah kap mesin dan bahkan di lantai, di mana para insinyur Honda benar-benar menunjukkan kehebatan mereka.

Premis dasar hibrida cukup cacat dan menjadi usang di dunia kendaraan listrik praktis dengan jangkauan 200 atau 300 mil – dan dalam pandangan harga curam yang diminta untuk HR-V, sekitar £ 32.210 dalam versi yang dilengkapi dengan baik saya mengambil sampel.

Namun, mengingat hal itu, Honda telah memaksimalkan potensi set-up hybrid dengan beberapa perbaikan imajinatif, dan perusahaan, seperti Toyota, telah menjadi pionir hybrid selama seperempat abad.

Honda memiliki dua motor listrik, misalnya, yang beroperasi secara terpisah untuk melengkapi unit bensin 1,5 liter, yang sebagian besar dicadangkan untuk jelajah kecepatan tinggi.

Pada kecepatan rendah, baterai dan motor listrik utama menggerakkan roda depan secara langsung, bukan melalui transmisi bersama dengan mesin bensin, sistem unik Honda (mereka menyebutnya IMA – integrated motor assist).

Seperti mesin pembakaran internal hibrida lainnya, mesin ini menggunakan “siklus Atkinson” yang tidak biasa untuk menghasilkan tenaganya, yang sangat hemat bahan bakar tetapi dayanya dikompromikan – dan dengan demikian sangat baik untuk penghancuran gigi tinggi berkecepatan tinggi.

Baterai lithium-ion dikemas dengan padat dan sekarang bermanfaat bagi pendinginan air karena, seperti yang mungkin Anda perhatikan dari laptop atau ponsel cerdas Anda, baterai bisa menjadi sangat panas.

Bahkan sebagai fungsi “turun bukit”, meniru off-roader yang tepat, meskipun hanya memiliki penggerak roda depan.

Satu-satunya kekecewaan dengan semua keunggulan teknis itu adalah bahwa “transmisi” otomatis, seperti itu, agak cengeng dan tidak responsif dibandingkan dengan kotak otomatis konverter torsi tradisional yang dikawinkan dengan unit bensin konvensional.

Tetapi selama Anda mengemudikan HR-V dengan lembut, dalam semangat zaman kita yang lebih hijau, akan terasa senyap dan halus.

Tidak bisa dikatakan dengan jujur ​​bahwa ini adalah Lompatan Jauh ke Depan dari Jazz yang memiliki banyak kesamaan dengan kepribadiannya, dan itu akan membuat Anda kembali sekitar £ 10.000 ekstra hanya agar Anda dapat duduk lebih tinggi (tidak ada banyak perbedaan di ruang interior dan kapasitas boot – baik Jazz dan HR-V sangat serbaguna).

Anda juga perlu melakukan jarak tempuh yang cukup tinggi pada kecepatan operasi optimal HR-V sekitar 40mph hingga 50mph untuk mendapatkan keuntungan finansial dari semua rekayasa mekanik, listrik, dan perangkat lunak yang canggih itu. Hanya sedikit orang yang menyesal menjalankan Honda, tetapi saya tidak yakin HR-V akan menjadi pilihan cerdas untuk semua orang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *