Senin, 22 Juli 2024
Koran Jogja

Jalan Alternatif ke Gunungkidul pada Mudik Lebaran Tahun Ini

Jalan Alternatif ke Gunungkidul pada Mudik Lebaran Tahun Ini. (cctv koimfo gunungkidul)
Jalan Alternatif ke Gunungkidul pada Mudik Lebaran Tahun Ini. (cctv koimfo gunungkidul)

Koran Jogja, Gunungkidul – Jalan alternatif ke Gunungkidul ada beberapa pilihan yang bisa digunakan saat arus mudik maupun balik lebaran tahun ini.

Sekretaris Dinas Perhubungan Gunungkidul Bayu Susilo Aji mengatakan untuk menuju ke Gunungkidul tersedia jalur utama maupun alternatif yang bisa digunakan.

Jalur utama yakni Jalan Jogja – Wonosari nantinya bisa digunakan, termasuk untuk bus. Sedangkan alternatifnya yakni Jalur Jalan Lingkar Selatan (JJLS).

Kemudian jalan baru Tawang – Ngalang, dan Jalan Imogiri – Panggang. Sedangkan untuk jalur yang tidak direkomendasikan yakni melalui Jalur Cinomati Bantul.

“Bus nantinya hanya boleh menggunakan jalan utama, Jalan Jogja -Wonosari dan tidak direkomendasikan menggunakan jalur alternatif,” katanya beberapa waktu lalu.

Bayu mengingatkan supaya para pemudik termasuk yang menggunakan roda empat, untuk menghindari jalur Cinomati karena tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintasnya tinggi.

“Hindari jalur Cinomati, karena tanjakannya sangat curam dan berbahaya,” katanya.

Dishub Gunungkidul bersama Polres Gunungkidul nantinya akan mendirikan posko hari raya di sejumlah lokasi yang berada di jalur mudik.

“Untuk jalur-jalur alternatif bisa digunakan bagi yang memakai kendaraan pribadi maupun pengendara sepeda motor,” kata dia. (*)

Baca artikel lainnya:

Leave a Reply