Kamera smartphone akan membuat kamera DSLR usang pada 2024, kata bos Sony

by

Koran Jogja – Kamera smartphone akan menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik daripada kamera DSLR mandiri pada tahun 2024, menurut seorang eksekutif Sony.

Teknologi baru seperti “kejenuhan kuantum” dan peningkatan pemrosesan AI yang diperkenalkan ke smartphone dalam dua tahun ke depan akan secara efektif membuat pengaturan lensa tunggal menjadi usang, kata eksekutif itu.

Komentar tersebut dibuat selama briefing bisnis baru-baru ini, Nikkei Jepang melaporkan (melalui TechRadar), di samping slide kemajuan yang diharapkan untuk smartphone.

“Kami berharap gambar diam [dari smartphone] akan melebihi kualitas gambar kamera refleks lensa tunggal dalam beberapa tahun ke depan,” kata Terushi Shimizu, presiden dan CEO Sony Semiconductor Solutions (SSS).

Dia menambahkan: “Gambar diam diharapkan melebihi kualitas gambar ILC (kamera lensa yang dapat dipertukarkan).”

Sony, yang memproduksi kamera dan smartphone kelas atas, mengklaim bahwa salah satu peningkatan terbesar untuk kamera smartphone akan terkait dengan ukuran sensor mereka, yang diperkirakan akan berlipat ganda selama dua tahun ke depan.

Kemajuan ini akan “mewujudkan pengalaman pencitraan baru” dengan menerapkan pemrosesan multiframe, kata artikel tersebut.

Menggabungkan kemajuan dalam perangkat lunak, seperti kecerdasan buatan, dengan kemajuan perangkat keras juga akan meningkatkan fitur seperti zoom, jangkauan dinamis, dan pengurangan kebisingan cahaya rendah.

Sony memiliki wawasan yang tak tertandingi dalam beberapa sektor ini karena menyediakan sensor gambar untuk sejumlah produsen smartphone terkemuka, termasuk Apple.

IPhone 13 Pro Max – saat ini smartphone Apple yang paling canggih – menggunakan tiga sensor Sony IMX 7-series, sementara Sony menguasai 42 persen pangsa pasar pasar sensor gambar global untuk smartphone. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *