Kampus di Jogja Mulai Bersiap Gelar Kuliah Tatap Muka

by 2 months ago

Bantul, Koran Jogja – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mulai menyiapkan protokol kesehatan untuk menggelar perkualiahan tatap muka. Sebab selama terjadi pandemi Corona, diketahui perkuliahan online tidak bisa menggantikan kuliah tatap muka.

Rektor UMY Gunawan Budiyanto mengatakan, perkuliahan online yang sudah dijalani selama pandemi masih terdapat beberapa kekurangan, dan kenyataannya tidak akan bisa menggantikan perkuliahan tatap muka.

“Tapi tentunya, dengan kondisi yang terjadi saat ini, perkuliahan tatap muka akan diadaptasikan dengan pola yang baru. Kami sedang mempersiapkan protokol bagaimana dengan penerapan kebiasaan baru seperti datang dan keluar ruang kelas seperti apa, penyediaan hand sanitizer di setiap lorong kelas, penerapan jaga jarak di dalam kelas dengan kursinya berjarak minimal satu meter,” katanya dalam keterangan tertulis pada Rabu (12/8).

Kuliah offline atau tatap muka yang rencananya akan dilakukan mulai September 2020 secara bertahap. Keputusan ini didapat setelah tim gugus tugas Covid-19 UMY berdiskusi dengan Satgas Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang menyimpulkan bahwa UMY akan diberikan surat rekomendasi untuk menjalankan kuliah offline.

Gunawan mengatakan rombongan tim Covid-19 UMY sudah mengunjungi Satgas Gugus Tugas Covid-19 DIY. Pertemuan itu menghasilkan keputusan bahwa UMY akan diberikan surat rekomendasi untuk bisa melaksanakan kuliah offline.

“Tim-tim yang ada di UMY sudah bekerja sangat maksimal selama masa pandemi, oleh karena itu saya atas nama rektor mengucapkan terima kasih atas pengorbanan yang sudah dilakukan untuk UMY selama lima bulan terakhir dalam menghadapi situasi Covid-19,” kata Gunawan.

Sementara itu untuk mekanisme perkuliahan bagi mahasiswa semester 1, 3, 5, 7 akan dilaksanakan secara berbeda. Kendati demikian, meskipun UMY memberikan fasilitas perkuliahan tatap muka namun kehadiran di ruang kelas bagi mahasiswa tidak dijadikan komponen penilaian.

Wakil Rektor Bidang Akademik Sukamta mengatakan, berdasarkan survey sebanyak 65 persen mahasiswa menilai perkuliahan offline lebih efektif, sementara 35 persen mahasiswa memilih online.

“Bagi mahasiswa yang memilih online padahal perkuliahan dilakukan secara offline, masih tetap bisa merasakan situasi di ruang kelas karena UMY sudah menyediakan kamera web yang akan tersambung dengan aplikasi MyKlass, Microsoft Teams, atau Zoom. Sebanyak 163 ruang kelas sedang kami persiapkan untuk dipasang kamera tersebut,” ucapnya.(rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *