Kang Emil Dukung Butet Kertaradjasa Terjemahkan Kitab Babad Pajajaran

by

Bantul, Koran Jogja – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung upaya menerjemahkan dan melatinkan kitab Babad Pajajaran milik seniman Butet Kertaradjasa.

Usaha ini sebagai perwujudan rekonsiliasi antara kebudayaan Jawa dan Sunda.

Hal ini diputuskan Kang Emil, panggilan akrab Ridwan saat berkunjung ke rumah Butet di Dusun Kembaran, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (6/4/2022).

Di sana dirinya diperlihatkan buku antik yang diklaim sebagai kitab babad Pajajaran.

“Langkah ini dalam rangka membangun kehangatan Jawa dan Sunda. Ini melibatkan sastrawan dan penyair untuk menarasikan dalam bentuk prosa sehingga bisa dibaca generasi hari ini,” kata Kang Emil.

“Sehingga nantinya orang Jawa orang Sunda bisa membaca nilai-nilai kearifan budaya kitab Babad Pajajaran yang ditulis pujangga Jawa masa lalu,” lanjutnya.

Langkah ini menurut Kang Emil merupakan tindak lanjut dari komitmennya dengan Gubernur DIY dalam program muhibah kebudayaan.

Jika di tahap pertama melibatkan ‘Goverment to Goverment’, maka program ini berbasis ‘Community to Community’.

“Kami ingin ada kerjasama kegiatan antara seniman Yogyakarta yang mewakili Jawa dan seniman Jabar yang memiliki Sunda. Konkretnya ternyata ada cerita Babad Pajajaran yang kita belum tahu isinya apa,” sambungnya.

Dirinya berharap, apa yang dilakukan kali ini dengan membangun dialog kebudayaan bisa mendinginkan suhu politik yang beritanya semakin memanas. Yogyakarta dan Jabar fokus memberikan kesejukan supaya imbang.

Sebagai kawan lama di dunia kesenian, Butet menyambut baik ide itu.

Baginya penerjemahan dan penulisan latin kitab Babad Pajajaran koleksinya akan memberi pandangan lain dengan mitos sejarah ketegangan antara dua kebudayaan ini.

“Ngobrol-ngobrol kemudian muncul ide itu. Ini salah satu dari sembilan buku antik yang saya miliki. Dulu dapat dari pedagang barang-barang antik. Bukunya tebal dan beraksara Jawa kuno tulisan tangan. Saya belum pernah baca,” kata Butet. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *