Kapolri Sebut Capaian Vaksinasi DI Yogyakarta Tertinggi

by

Sleman, Koran Jogja – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi capaian vaksin dosis kedua di Daerah Istimewa Yogyakarta tertinggi nasional. Ini menjadi modal berharga bagi pelaksanaan event internasional yang akan berlangsung tahun ini.

Hal ini disampaikan Jenderal Sigit usai meninjau pelaksanaan vaksinasi serentak presisi di Sleman City Hall, Sleman, Jumat pagi (11/3). Hari ini dilaksanakan vaksinasi dosis ketiga serentak bagi 3.500 peserta.

“Terima kasih kepada masyarakat DIY yang sangat mendukung program vaksinasi. DIY menempati posisi teratas dalam capaian vaksin dosis kedua sebanyak 97 persen. Sedangkan dosis pertama sudah menyentuh angka 100 persen lebih,” katanya.

Kenyataan ini menurut Jenderal Sigit menjadi modal berharga bagi DIY untuk memulihkan perekonomiannya di sektor pariwisata dan mudik lebaran tahun ini. Dimana kedepan diprediksi akan banyak interaksi yang terjalin di masyarakat.

Ini belum lagi dengan bakal terselenggaranya beberapa event internasional terkait dengan agenda Presidensial G-20 yang akan bertempat di DIY. Sehingga seluruh rangkaian vaksinasi yang sudah berjalan dengan baik akan membuat masyarakat terjaga.

“Tentu saja capaian ini akan memberi pengaruh yang positif pada penyebaran varian Omicron. Capaian vaksin lengkap akan berpengaruh pada kondisi perekonomian DIY. Syukur-syukur dosis ketiga betul-betul dioptimalkan sehingga menjadi kunci,” lanjutnya.

Kapolri juga menyebut dalam waktu dekat pemerintah akan melakukan evaluasi terkait dengan rencana-rencana mempersiapkan diri menggeser pandemi menjadi endemi. Namun itu harus disertai dengan persyaratan ketat.

Dimana, pengendalian angka kematian, tingkat keterpaparan positif harian dan capaian vaksinasi harus tetap dijaga. Karena itulah diperlukan kerjasama dengan semua pihak untuk mencapai tingkat kekebalan imunitas yang diharapkan.

“Dengan capaian dosis ketiga diatas 91 persen kita memiliki optimisme. Ini juga harus didukung kepatuhan pada Prokes yang mengutamakan penggunaan masker dan desinfektan sehingga menjadi kebiasaan,” ujarnya.

Usai berkunjung ke Sleman City Hall, Kapolri bersama jajaran utama bergeser ke ke asrama haji untuk menghadiri pembagian bantuan sosial.

Ada sebanyak 2.300 paket yang dibagikan oleh Polri kepada karyawan, buruh gendong, penggali kubur,m penyandang disabilitas, tenaga kesehatan, warga yang menjalani isolasi terpadu, dan tukang kebersihan.

Pembagian Bansos juga dilakukan masing-masing Polres di DIY dengan jumlah paket 300. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *