Kekuatan Ritual, Ternyata Dapat Meningkatkan Hidup Kita

by

Koran Jogja – Sebelum tampil di setiap pertunjukan, Beyoncé mendengarkan daftar putar musik yang sama, melakukan peregangan, dan bermeditasi tepat selama satu jam. Ini adalah bagian dari ritual pra-penampilannya.

Ritual membantu menyusun hidup kita. Orang-orang melakukan ritual untuk pencapaian sosial yang penting seperti bernyanyi di pesta ulang tahun, merayakan pernikahan, dan berkabung bersama di pemakaman.

Individu juga memiliki ritual pribadi yang membantu mengatur hari-hari mereka, seperti menikmati secangkir kopi pagi, melakukan rutinitas sebelum tidur, atau peregangan sebelum naik ke panggung.

Dikutip dari psychology today, penelitian menunjukkan bahwa ritual dapat menawarkan banyak keuntungan psikologis seperti membantu kita menikmati pengalaman, memberi kita rasa kendali, dan mengurangi kecemasan.

Meski kedengarannya mengejutkan, para peneliti dari University of Minnesota dan Harvard menemukan bahwa memberlakukan ritual meningkatkan seberapa banyak orang menikmati makan cokelat. Sebelum peserta mengonsumsi sebatang cokelat, peneliti meminta peserta untuk melakukan ritual dengan memecah cokelat batangan menjadi dua tanpa melepas pembungkusnya, kemudian membuka hanya setengah bungkusnya dan memakannya, dan akhirnya membuka bungkus separuh lainnya dan memakannya.

Dibandingkan dengan orang yang hanya bersantai sebelum melahap cokelat, mereka yang melakukan ritual melaporkan lebih menikmati cokelat, memakannya lebih lambat agar bisa menikmatinya, dan melaporkan bahwa cokelatnya lebih beraroma. Ritual tampaknya mempertinggi seberapa terlibat kita dalam pengalaman kita.

Ritual juga dapat meningkatkan seberapa besar kendali yang kita rasa kita miliki. Para peneliti dari Harvard melakukan penelitian di mana mereka memiliki kelompok yang terdiri dari 9 hingga 15 orang muncul untuk sesi di mana salah satu peserta memenangkan lotre $ 200 dan diizinkan untuk meninggalkan sesi lebih awal.

Beberapa peserta yang tersisa kemudian menggambar di selembar kertas yang menggambarkan perasaan mereka, sedangkan yang lain melakukan ritual di mana mereka menggambar gambar yang sama, tetapi kemudian menaburkan sejumput garam di atas kertas, menyobeknya, dan menghitung. sampai sepuluh, lima kali.

Ketika semua peserta kemudian menyelesaikan skala yang menilai seberapa besar kontrol yang mereka alami, mereka yang telah melakukan ritual melaporkan rasa kontrol yang dirasakan meningkat.

Menariknya, hasilnya tidak dipengaruhi oleh apakah orang percaya bahwa ritual efektif dalam memengaruhi perasaan orang atau tidak. Mereka yang tidak percaya bahwa ritual berhasil dipengaruhi oleh ritual tersebut sama seperti mereka yang percaya bahwa ritual itu benar-benar efektif.

Kemampuan ritual untuk meningkatkan rasa kendali kita mungkin menjelaskan mengapa ritual juga dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kinerja. Dalam sebuah studi tahun 2016, para peneliti meminta peserta untuk terlibat dalam tugas yang memicu kecemasan dengan menyanyikan lagu Karaoke populer di depan seorang pelaku eksperimen.

Sebelum bernyanyi, sebagian peserta hanya duduk diam sambil menunggu, sedangkan peserta lainnya diminta melakukan ritual yang mirip dengan uraian di atas: mereka menggambar, menaburkan garam, menghitung sampai lima, meremas gambar, dan melemparkannya ke dalam sampah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dibandingkan dengan peserta yang duduk dengan tenang sebelum bernyanyi, mereka yang melakukan ritual tersebut dilaporkan kurang cemas dan menyanyikan lagu dengan lebih akurat menggunakan volume, nada, dan durasi nada yang benar. Jika Anda berpikir Beyoncé tampil bagus di konsernya, mungkin ritualnya ada hubungannya dengan itu.

Kita dapat memasukkan ritual ke dalam aspek kehidupan kita yang tak terhitung jumlahnya. Kita bisa menyalakan lilin di akhir hari kerja untuk meningkatkan seberapa banyak kita menikmati waktu senggang kita.

Kami secara teratur dapat mengunjungi lokasi yang khusus bagi kami untuk menghilangkan stres dan merasa lebih terkendali. Kita dapat bermeditasi sebelum melakukan tugas penting untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kinerja kita. Pilihan ada di tangan kita.

Penelitian menunjukkan bahwa memperkenalkan ritual ke dalam hidup kita dapat menjadi bagian berharga dari kehidupan yang efektif. Apakah ada ritual yang mungkin ingin Anda tambahkan ke rutinitas rutin Anda.(rid)