Kemenku Ijinkan Danais Untuk Penangganan Covid

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Kementerian Keuangan (Kemenku) akhirnya mengijinkan penggunaan Dana Keistimewaan (Danais) untuk pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakara.

Hal ini tertuang dalam surat bernomor S-121/PK/2021 tertanggal 10 Juli 2021 dan ditandai tangani Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenku Astera Primanto Bhakti.

Ada tiga hal penting dalam surat itu. Pertama, menyatakan Danais adalah dana yang berasal dari APBN yang dialokasikan untuk mendanai kewenangan istimewa dan merupakan bagian dari dana Trasfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

Kedua dalam rangka percepatan pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19. Danais dapat digunakan untuk mendanai pencegahan dan penangganan pandemi. Pengguanaan Danais dilakukan melalaui perubahan terhadap rencana oenggunaan Danais tahun 2021.

Dasar hukum penggunaan Danais untuk oencegahan dan penangganan pandemi Covid-19 diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 17/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan TKDD 2021 dalam rangka mendukung penangganan pandemi. Ini adalah poin terakhir dalam surat tersebut.

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana berharap anggaran ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak saat ini.

Ia mengusulkan Danais diprioritaskan membeli mesin pembuat oksigen, isotank untuk jaminan kelancaran pasokan oksigen, obat-obata, meningkatkan kapasitas RS, merbanyak shelter, bantuan warga miskin terdampak, pedagang kecil, pasien isolasi mandiri, nakes, faskes, serta mendukung ekonomi.

“Sekarang semua sedang sulit. Saatnya gotong royong dan solidaritas,” kata Huda.

Dari pemerintah, Huda meminta agar penggunaan dimaksimalkanuntuk mengentaskan kesulitan dan penderitaan rakyat.

“Misal beli mesin oksigen terasa mahal tapi itu tetap jauh lebih murah dibandingkan 1 korban jiwa warga kita,” jelasnya.

Kordinator Jogja Coruption Watch (JCW) Baharudin Kamba saat diminta pendapatnya mengucapkan syukur karena surat dari Kemenku wujud keberhasilan perjuangan.

“Ya perlu dikawal bersama agar tepat sasaran dan disalahgunakan,” tulisnya.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *