Sambut Lebaran, KAI Jogja Siapkan 200 Ribu Tempat Duduk

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Manajer Humas Supriyanto menjelaskan selama masa angkutan lebaran, KAI Daop 6 mengoperasikan 24 perjalanan KA Jarak Jauh dan menyediakan 200 ribu lebih tempat duduk.

“Langkah ini bertujuan memberikan kenyamanan kepada seluruh penumpang KA pada masa angkutan lebaran yang ditetapkan pemerintah berlangsung 22 hari mulai 22 April-13 Mei,” katanya Jumat (22/4) usai gelar pasukan.

Tidak hanya itu, Daop 6 juga menyiagakan 1300 pekerja, 126 personil Polsuska, 206 security, dan perbantuan personel TNI-POLRI. Selain itu, ada petugas posko yang turut membantu pelayanan di berbagai stasiun di wilayah Daop 6.

KAI juga menambahkan 15 petugas pemeriksa jalur dan 6 penjaga perlintasan KA. Selain itu, ada Alat Material Untuk Siaga atau AMUS yang ditempatkan di 17 lokasi untuk penanganan kedaruratan operasional secara cepat.

Sampai hari ini, Daop 6 telah menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan menyambut angkutan lebaran dengan pemeriksaan kelengkapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) di stasiun dan di atas KA.

“KAI akan memberikan pelayanan terbaik dengan mempersiapkan segala sesuatunya untuk kenyamanan dan kesehatan penumpang KA. Petugas senantiasa siaga di stasiun dan di lintas.

Berkaitan dengan persyaratan penumpang, Supriyanto menjelaskan bahwa sesuai aturan terbaru, untuk penumpang berusia 6 sampai 17 tahun tidak lagi harus menyertakan hasil negatif antigen atau PCR, namun cukup sudah divaksin dosis 2.

“Aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 49 Tahun 2022 tentang Perubahan atas SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 19 April 2022,” ungkap Supriyanto.

Dalam keterangan persnya, KAI Daop 6 menghimbau seluruh penumpang KA mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Bagi penumpang KA yang akan melaksanakan vaksin booster, KAI Daop 6 menyediakannya di Klinik Mediska Yogyakarta dan Klinik Mediska Solo Balapan. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *