Kesehatan memburuk, Panda jantan tertua di dunia mati pada usia 35 tahun

by
Youtube (USA Today)

Youtube (USA Today)

Koran Jogja – An An, panda jantan tertua di penangkaran, telah meninggal pada usia 35 tahun di sebuah taman hiburan Hong Kong.

Panda raksasa itu di-eutanasia setelah kesehatannya memburuk selama beberapa minggu, menurut pernyataan dari taman hiburan Ocean Park, tempat An An tinggal sejak 1999. (Livescience, 22/7)

“An menjalani kehidupan penuh yang berakhir pada usia terhormat 35 – setara dengan 105 tahun usia manusia,” tambah pernyataan itu.

“An An telah membawakan kami kenangan indah dengan banyak momen yang menghangatkan hati. Kepintaran dan keceriaannya akan sangat kami rindukan.”

Panda raksasa jantan dihadiahkan pada tahun 1999 ke Hong Kong bersama dengan seekor betina, bernama Jia Jia.

Kedua panda itu disediakan oleh pejabat China sebagai bagian dari program “diplomasi panda”, di mana panda raksasa (secara eksklusif ditemukan di China) disewakan ke negara lain, menurut Associated Press (AP).

Jia Jia meninggal pada tahun 2016 pada usia 38 tahun, menjadikannya satu-satunya panda tertua yang pernah disimpan di penangkaran.

Di alam liar, panda biasanya hidup 14 hingga 20 tahun, menurut World Wide Fund for Nature (WWF). Setelah panda penangkaran mencapai usia 20-an, mereka biasanya berhenti berkembang biak, di mana mereka dianggap “geriatri.”

Panda geriatri rentan terhadap sejumlah masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi – penyakit yang diderita An An di minggu-minggu terakhirnya.

Menurut Ocean Park, asupan makanan An An terus menurun, sementara waktu tidur siangnya terus meningkat.

Pada 17 Juli, An An telah berhenti mengonsumsi makanan padat sama sekali dan hanya minum air yang mengandung elektrolit.

Beberapa minggu setelah An An tidak ditampilkan karena kesehatannya yang buruk, tim dokter hewan dan ahli konservasi panda memilih untuk mengistirahatkan panda raksasa, untuk mencegah penderitaan lebih lanjut.

Ocean Park adalah rumah bagi dua panda raksasa lagi — Ying Ying, betina, dan Le Le, jantan. Pasangan panda itu dihadiahkan ke taman itu pada tahun 2007, untuk merayakan 10 tahun kembalinya Hong Kong ke China, menurut AP. Kedua panda tersebut berusia 16 tahun. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *