Kurangi Emisi Karbon, PT Telkom Tanam Ribuan Pohon di Gunungkidul

by

Gunungkidul, Koran Jogja – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, dan PT Telkom berupaya melakukan pengurangan emisi karbon, salah satu upayanya dengan melakukan penanaman pohon Kalurahan Bendung, Kapanewon Semin.

Acara dengan tema ‘tanam pohon sekarang untuk masa depan’ berlangsung di Balai Kalurahan Bendung, Kapanewon Semin, menandai penanaman ribuan bibit pohon.

GM PT Telkom area Yogyakarta, Agus Faisal mengatakan, penanaman pohon di Kalurahan Bendung, Kapanewon Semin ditandai dengan penandatanganan MOU dengan pemkab Gunungkidul.

Penandantangan ini MOU ini bentuk komitmen dari BUMN untuk melaksanakan penghijauan di seluruh negeri, dan salah satunya di Kapanewon Semin.

“Harapan kami tanaman dijaga dan diawasi, sehingga tujuan konservasi lingkungan terlaksana dengan baik,” kata Agus di Kalurahan Bendungan Kamis (7/7/2022)

Dia mengatakan dengan penanaman pohon ini diharapkan bisa mengurangi kandungan karbon di udara, selain itu bisa meningkatkan perekonomian warga.

“Untuk itu, Telkom menjadi bagian dari kegiatan ini,” kata dia.

Perwakilan Yayasan Bakti Umbul Negeri, Eva Pitaloka mengatakan, kegiatan penanaman pohon sebanyak 5000 pohon di tanah seluas lima hektar berasal dari PT Telkom.

Adapun jenis pohon meliputi akasia, mahoni, randu dan tanaman buah seperti alpukat dan jambu kristal.

“Nantinya ditanam tumpang sari,” kata dia

Eva mengatakan,Penanaman pohon ini akan menjadi pilot project untuk mendukung pengurangan emisi karbon untuk melindungi lingkungan dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat/.

“Kedepan Tanaman produksi dan konservasi harus dijaga,” kata dia.

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto mengatakan, pohon apa saja ditanam di Gunungkidul cocok.

Mengapresiasi PT Telkom melalui CSRnya berperan dalam penghijauan di Kabupaten Gunungkidul. Kedepan, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui CSR menjadi pilot project. Sinergi kolaborasi dengan banyak pihak agar kesejahteraan dapat di akselerasi,” kata Heri Susanto. (Yuw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *