Minggu, 21 Juli 2024
Koran Jogja

Langkah Mencapai Kemandirian Finansial Sebelum Usia 30 Tahun

Langkah Mencapai Kemandirian Finansial Sebelum Usia 30 Tahun. (pexels)
Langkah Mencapai Kemandirian Finansial Sebelum Usia 30 Tahun. (pexels)

Koran Jogja – Supaya bisa mencapai kemandirian finansial sebelum usia 30 tahun membutuhkan tindakan yang tegas dan komitmen.

Kemandirian finansial merupakan suatu perjalanan berkelanjuan dengan dorongan dari kemampuan beradaptasi dan pembelajaran secara terus menerus.

Tujuan dan situasi keuangan pun bisa berubah seiring kemajuan karier dan kehidupan. Oleh karena itu penting untuk meninjau dan menyesuaikan rencana keuangan secara berkala.

Dilansir dari Hindustan Times, salah satu pendiri RING Sonali Jindal mengatakan, pengelolaan keuangan yang efektif bisa dimulai dengan membuat dan memegang teguh anggaran.

Pastikan untuk melacak pendapatan dan pengeluaran, kemudian mengkategorikan pengeluaran, serta menemukan alokasi untuk menghemat uang. Alokasi penghematan ini bisa untuk dana tabungan dan investasi.

“Disiplin, kesabaran, dan kemauan merupakan kunci sukses. Pertahankan komitmen teguh maka bisa memposisikan diri untuk masa depan yang mandisi scara finansial,” katanya.

Co-Founder dan CFO KreditBee, Vivek Veda mengatakan, ada beberapa saran supaya bisa mencapai kemandirian finansial sebelum usia 30 tahun. Berikut rekomendasi tersebut.

Mencapai Kemandirian Finansial pada Usia 30 Tahun

  • Buat landasan yang kokoh dengan teknik menabung cerdas. Mulai sejak dini dan konsisten menyisihkan penghasilan untuk menabung.
  • Terapkan pola pikir hemat dan menyadari setiap rupiah yang dohemat bisa membuat semakin dekat dengan tujuan keuangan.
  • Pahami peluang investasi, baik itu berbagai metode investasi dan membangun portofolio yang terdiversifikasi. Ambil risiko yang diperhitungkan, karena investasi butuh kesabaran dan waktu.
  • Bedakan keinginan dengan kebutuhan, dan jadikan sebagai dasar disiplin gaya hidup. Tumbuhkan gaya hidup yang mencerminkan tujuan keuangan.
  • Terus tingkatkan keterampilan dan pengetahuan, serta mengamankan tempat di pasar tenaga kerja yang dinamis.

Vevek memberikan Kesimpulan perjalanan menuju kemandirian finansial merupakan suatu maraton bukan lari cepat.

“Keputusan hari ini berpengaruh pada ekonomi masa depan,” paparnya. (*)

Baca artikel lainnya:

Leave a Reply