Libur Panjang, Tiga Turis di Tebing Breksi Reaktif Corona

by

Sleman, Koran Jogja – Sebanyak tiga orang pengunjung destinasi wisata Tebing Breksi di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta diketahui reaktif Covid-19. Sementara hasil swab ketiganya sampai saat ini belum keluar.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan, ketiganya diketahui reaktif dari skrinning secara acak oleh dinas kesehatan Sleman kepada pengunjung maupun pengelola wisata pada libur panjang dan cuti bersama pekan ini.

“Dari 100 wisatawan yang ikut rapid test kemarin di Tebing Breksi, ada 3 orang ditemukan hasilnya reaktif,” katanya saat dikonfirmasi pada Sabtu (31/10).

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastoryo mengatakan, tiga orang tersebut dua di antaranya merupakan orang luar Jawa. Sedangkan satu sisanya dari Jawa.

“Sudah kami beritahu ketiganya terkait hasil rapid tes. Dua orang dari luar Jawa itu saat ini juga masih menginap di Yogyakarta. Untuk swab masih belum keluar hasilnya,” katanya saat ditanya mengenai monitoring ketiganya.

Dalam upaya rapid tes acak selama libur panjang dan cuti bersama ini, Pemerintah Kota Yogyakarta juga melakukannya. Seperti di Malioboro, ada sebanyak 112 petugas Jogo Malioboro atau Jogoboro yang dilakukan tes.

“Ada dua yang reaktif, tapi setelah dilakukan swab hasilnya negatif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani.

Sementara, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah DIY Berty Murtiningsih mengatakan, Pemda DIY tidak melakukan rapid atau tes swab secara acak selama libur panjang dan cuti bersama pekan ini. Menurutnya, karena sudah dilakukan persiapan protokol kesehatan melalui pembinaan Dinas Pariwisata kepada pengelola destinasi wisata maupun pengunung.

“Kalau dari Gugus Tugas Covid-19 DIY tidak ada (skrinning saat libur panjang). Mungkin di tingkat kabupaten atau kota,” ucapnya.(rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *