Makin Asyik Bersepeda dengan Jogjabike, Mampir di Kopi Rite Belanja Batik Jumputan

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Jogjabike berkolaborasi dengan Kopi Rite Cafe yang berada di Celeban, Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta dan para Usaha Kecil Mikro dan Menangan (UMKM) yang berkecimpung sebagai perajin batik jumputan untuk bisa memajukan pariwisata di tengah pandemi. Sehingga perekomian UMKM, maupun masyarakat bisa terbantu akibat dampak terjadinya pagebluk ini.

Komisaris Utama Jogjabike, Triyanto mengatakan, Jogjabike akan membawa wisatawannya dengan bersepeda menyusuri perkampungan menuju ke Kopi Rite Cafe. Di lokasi ini para turis bisa melihat batik hasil karya dari para UMKM di sekitar Celeban yang sudah terseleksi.

“Jogjabike akan membawa wisatawan ke Kopi Rite. Kemudian, Kopi Rite akan membina UMKM, kemudian hasil karya batik jumputan yang memenuhi kriteria bisa dipajang di sini (KopiRite). Itu cara kami membantu UMKM,” katanya di Kopi Rite Cafe, Celeban pada Sabtu (20/2).

Tri mengatakan, Jogjabike dalam kegiatan bersepeda dengan turis juga berupaya untuk membantu ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Seperti dengan membagikan sembako, susu, dan juga kue yang di kawasan Dagen, Sosrowijayan, Tamansari yang dilakukan pada Sabtu (20/2) pagi.

Menurut Tri, dalam kondisi pandemi ini seluruh pihak di dunia wisata harus berupaya untuk bisa survive bahkan lebih berkembang. Ia mengatakan, Jogjabike akan berusaha keras untuk bisa mendatangkawan turis sebanyak mungkin.

“Kami akan cari orang-orang yang punya kompetensi untuk bisa mendatangkan wisatawan di saat situasi seperti ini,” katanya.

Tri mencontohkan masih ada kafe yang lokasinya tersembunyi dengan makanan yang tidak enak tapi ramai kunjungan saat ini. Hal seperti itu akan dijadikannya motivasi bagi Jogjabike dalam menghadapi pandemi Corona.

“Jogjabike kolaborasi dengan Kopi Rite juga pengen seperti itu. Jangan nyerah, kalau nyerah akan begini terus. Agar bisa keluar dari kondisi sepeti ini, UMKM bisa maju, warga juga bisa lebih sejahtera,” katanya.

Pemilik dari Kopi Rite Cafe, Jaka Susanta mengatakan, para turis bisa bersantai sambil menikmati makanan dan minuman di Kopi Rite di sela bersepeda bersama Jogjabike. Tak hanya itu, wisatawan bisa dengan mudah mengakses, melihat, memilihm dan membeli batik jumputan.

“Potensi UMKM di Celeban ini berupa pembatik jumputan. Tentu menjadi kolaborasi yang sangat menarik. UMKM bisa mendapatkan turis dari Jogjabike, dan Jogjabike bisa meminta para pengrajin datang memajang hasil karyanya di sini. Ini menjadi bagian yang penting dalam ekosistem Jogjabike dan KopiRite untuk memajukan pariwisata Kota Yogyakarta,” kata pria yang juga Owner dari Jogjabike ini.

Menurutnya, mayoritas ekonomi di Yogyakarta dan sekitarnya salah satunya ditopang oleh dunia wisata. Sehingga harus ada inovasi dalam menghadapi situasi pandemi agar tetap bisa berkembang. “Protokol kesehatan wajib dan ketat. Kita perlu membuat inovasi sehingga kampung maju ekonominya,” ucapnya.(rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *