Manajemen Gembira Loka Zoo Percepat Vaksinasi Booster Bagi Karyawannya

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Manajemen Gembira Loka Z oo (GL Zoo) Yogyakarta mengantisipasi ancaman varian baru Omicron dengan mempercepat vaksinasi penguat ‘booster’ bagi karyawannya.

Selama bulan Februari ini semua karyawan dan termasuk keluarganya diwajibkan mengikuti vaksin booster secara mandiri.

“Kami dorong karyawan dengan memberikan izin dan sejumlah uang transportasi untuk mengikuti vaksin booster. Sehingga pada akhir Februari nanti kami harapkan semua karyawan GL Zoo sudah vaksin booster semua,” harap Direktur Utama GL Zoo, KMT A. Tirtodiprojo (Joko) di sela-sela menerima kunjungan kerja Komisi B DPRD Jawa Tengah di GL Zoo, Senin  (7/2/2022).

Ia sebutkan  hingga kini sudah 70-80% karyawan yang menjalani vaksin booster, dari keseluruhan karyawan sejumlah 250 orang.

Dengan menjalani vaksin booster ini diyakini akan mengurangi risiko penyebaran Covid-19.

“Meski  bekerja di ruang outdoor, kami tetap patuh mengenakan masker dan selalu menjalankan prokes,” tutur  Joko.

Pagi sebelumnya rombongan Komisi B DPRD DIY Jateng, dipimpin Wakil Ketua DPRD setempat Ferry Wawan Cahyono  tiba di GL Zoo.

Kedatangan rombongan Komisi B DPRD Jateng itu juga disertai Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat Agus Wuryanto.

Selama  kunjungan kerja di kebun binatang Yogyakarta itu, rombongan dewan didampingi Dirut GL Zoo.

Ferry menjelaskan kunjungan kerja  Komisi B DPRD Jateng di GL Zoo ini untuk melihat langsung pengelolaan dan manajemen GL Zoo,  yang dinilai sangat baik.

Di tengah pandemi Covid-19,  kebun binatang di Yogyakarta itu dinilai mampu bertahan dan bahkan berinovasi dalam memadukan flora, fauna dan wahana permainan bagi pengunjung.

“Nilai-nilai yang baik itu bisa kita terapkan di spot-spot wisata Jateng, karena kita punya potensi serupa dengan di GL Zoo. Komparasi yang ada di GL Zoo ini akan kita kaji untuk dikembangkan di Jateng,” katanya.

Ketua Komisi B DPRD Jateng Sumanto menilai GL Zoo sebagai tempat edukasi yang luar biasa, khususnya bagi anak-anak.

Para anggota dewan ini mengaku  sejak kecil sudah pernah berkunjung ke GL Zoo. Ke depan,  GL Zoo diharapkan jadi ikon pariwisata Yogyakarta.

Sementara Dirut GL Zoo mengaku senang  karena kebun binatang yang dikelolanya dipilih sebagai acuan destinasi wisata di Jateng.

“Mereka mengapresiasi dengan keberadaan GL Zoo, yang mampu bertahan di tengan pandemi Covid. Mereka juga melihat signifikan perubahan di kebun binatang ini. Ini memacu kami untuk berbuat lebih baik lagi,” ucap Joko. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *