Menyusuri Pesona di Dalam Gua Jomblang di Gunungkidul

by
Goa Jomblang Gunungkidul. (Dinas Pariwisata Gunungkidul)

Goa Jomblang Gunungkidul. (Dinas Pariwisata Gunungkidul)

Gunungkidul, Koran Jogja – Gua Jomblang menawarkan tantangan berupa vertical caving dan juga pemandangan yang memukau.

Gua jomblang beralamat di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, atau sekitar 49 kilometer dari Kota Yogyakarta.

Destinasi wisata ini merupakan gua vertical yang diakibatkan rutuhnya tanah dan vegetasi karena proses geologi. Runtuhan tanah tersebut membentuk sinkhole atau lubang yang menjadi bibir gua sekitar 50 mutur.

Untuk menjelajahinya, gua ini membutuhkan peralatan dan juga keahlian khusus karena berupa vertical caving.

Pengunjung bisa memilih 4 jalur yang bisa dilewati berdasar kedalamannya. Jalur-jalur itu yang pertama di 15 meter, yang biasa digunakan untuk pemula. Jalur yang memiliki medan cukup terjadi ini bisa dilewati dengan jalan kaki.

Kemudian ada juga jalur 40 meter, 60 meter dan juga 80 meter kedalaman gua khusus untuk mereka yang sudah ahli.

Setelah sampai di dasar gua, pemandangan di sekeliling mulut gua akan membuat terpesona. Banyak vegetasi tumbuhan purba yang cantik dan rimbun mengelilinginya.

Kemudian juga ada pemandangan berupa stalaktit dan stalagmite di atasnya. Pengunjung akan semakin kagum dengan melihat aliran sungai yang cukup deras.

Pemandangan lain yang tak kalah indahnya yakni luweng grubug, berupa pemandangan yang biasa disebut ‘cahaya surga’ oleh pengunjung.

Untuk harga tiket masuk ke Gua Jomblang gratis. Jika ingin menyewa peralatan caving, pengelola menyediakan seharga Rp450 ribu sampai Rp1 juta.

Harga itu sudah lengkap, yakni termasuk paket vertical caving lengkap dengan peralatan, pemandu dan makan siang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *