Mobil Listrik Cupra Born: Bergaya, berkelas, dan menyenangkan

by

Koran Jogja – Jika mobil adalah hobi maka Anda akan memahami pengalaman mencoba menjelaskan apa itu Cupra Born kepada manusia normal. Sebenarnya, ini adalah mobil listrik. Tentu saja. Cukup bagus juga.

Cupra adalah merek baru “lahir” dari Seat dan dirancang untuk menjadi produk yang lebih sporty, berkelas, lebih premium. Seperti Seat, Cupra adalah bagian dari VW Group, dan Born sangat mirip dengan VW ID.3.

The Born memang merupakan mobil Seat atau Cupra baterai-listrik First-Born. Ini juga kurang lebih identik secara mekanis dan elektrik dengan sepupu VW-nya, hingga sebagian besar bodywork.

Cupra mempunyai moncong yang lebih halus, mengingatkan pada Kia EV6, memiliki ketinggian pengendaraan yang sedikit lebih rendah, untuk penanganan yang lebih sporty, detail yang berbeda.

Beberapa velg seperti bintang laut yang sangat funky, klasik dari tipenya, dan sesuai dengan misi Cupra, sedikit lebih bertenaga dan opsi “e-Boost” untuk memberikan keunggulan tambahan, yang tidak tersedia di VW.

Anda mungkin menganggap Cupra Born seperti Seat/Cupra Leon dibandingkan dengan VW Golf dalam istilah mesin pembakaran internal kuno. Anda dapat menekan tombol Cupra untuk keuletan ekstra, yang menyenangkan.

Kesamaan dengan sebagian besar mobil listrik adalah penyempurnaan dan pengoperasian yang nyaris senyap.

Seperti VW ID.3 dan kerabat ID.4 yang sedikit lebih besar, Cupra mengeluarkan fitur warisan fuddy-duddy seperti rem tangan yang tepat atau harus membuka dan mengunci pintu, dan gearbox otomatis diakses melalui tombol putar di sebelah pod kecil di atas roda kemudi tempat mereka memasang dasbor minimalis.

Yang kurang menggembirakan, Born dilengkapi dengan layar sentuh VW terbaru, yang terlalu sensitif dan rumit untuk digunakan. Kontrol roda kemudi lebih baik, setelah Anda memahami tekanan jari yang tepat yang diperlukan.

Kekuatan yang sangat memadai dari 58kWh baterai mid-range, Born akan membawa Anda sekitar 200 mil dalam kondisi mengemudi.

Jika Anda salah satu dari orang-orang yang membawa barang-barang di bagasi, motor listrik tidak cocok untuk Anda. Versi baterai raksasa membawa jangkauan Anda ke wilayah Tesla lebih dari 300 mil, dan memberi Anda drive yang lebih cepat. Model entry-level akan memberi Anda 170 mil.

Interiornya, seperti model Cupra lainnya saat ini, Leon, Ateca dan Formentor, bergaya, berkelas, dan detail yang cermat, dengan banyak sentuhan perunggu di sekitar kabin dan eksterior, termasuk logo Cupra geometris bergerigi, menyerupai komputer.

The Born adalah langkah maju yang besar untuk merek Cupra yang relatif muda, dan produk penting untuk Seat dan VW Group. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *