Mobil Tim Garuda UNY Pecahkan Rekor Irit Konsumsi Bahan Bakar

by
uny

uny

Sleman, Koran Jogja – Tim Garuda UNY dengan mobil Garuda UG-22 berhasil memecahkan konsumsi bahan bakar di Asia yang sebelumnya 500 km per liter menjadi 544 km per liter.

Tim ini mampu menjadi juara 1 dalam kategori Urban ICE Shell Eco Marathon di Mandalika yang diikuti 49 tim dari 9 negara.

Dalam kompetisi di kategori tersebut, setiap peserta mendapat tantangan untuk mengembangkan mobil dengan konsumsi bahan bakar sehemat mungkin.

Manager Garuda UNT Team, Kesit Batu Purnomo mengatakan ia dan rekan-rekannya langsung melakukan persiapan sejak memperoleh informasi mengenai kompetisi ini.

Persiapan yang dilakukan pun cukup lama, yakni sekitar enam bulan sampai mobil hasil inovasi tim ini dikitim ke Sirkuit Mandalika.

“Proses yang cukup panjang, mulai dari brainstorming, riset kendaraan, manufaktur hingga latihan driver,” katanya dikutip dari laman resmi kampus, Senin (17/10).

Tantangan dan hambatan masih terus dihadapi hingga kompetisi berlangsung.

Driver Garuda UG-22, I Kadek Bagus mengatakan, pada race hari kedua dia dan rekan-rekannya yakin bisa menjadi yang terbaik setelah melakukan evaluasi dari race hari pertama.

“Kami yakin bisa memberikan yang terbaik,” ujarny.

Attempt pertama dilakukan pada pukul 08.30 WITA, Tim Garuda UNY langsung menempati posisi Juara 1 dengan capaian 541 km per liter.

Selanjutnya, Tim Garuda UNY kembali mengambil kesempatan race dan memperoleh capaian 544 km per liter. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *