Nataru, 22 Ribu Tiket Kereta Api Terjual

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Hingga Kamis (30/12) siang, PT KAI Daop 6 merilis bahwa selama libur Natal dan Tahun Baru, sebanyak 22.627 tiket kereta api jarak jauh terjual. Sebagai upaya meningkatkan penumpang, mulai Januari nanti tarif antigen diturunkan.

Dalam rilisnya, Manajer Humas Daop 6 Supriyanto mengatakan jumlah tiket kereta api jarak jauh yang terjual tersebut merupakan pencatatan pada masa angkutan Nataru dari 17 – 30 Desember 2021.

Pembelian tiket tercatat hingga 2 Januari 2022. Jumlah penjualan diprediksi masih naik karena penjualan tiket masih berlangsung hingga saat ini.

“Jumlah penumpang yang naik dari Daop 6 mulai 17 – 30 Desember 2021 sebanyak 144.267 dengan jumlah penumpang tertinggi pada 19 Desember 2021 sebanyak 17.020 penumpang. Sedangkan jumlah penumpang yang turun sebanyak 143.637 penumpang,’ jelas Supriyanto.

Sedangkan jumlah penumpang yang membatalkan tercatat ada 14 pembatalan pelanggan karena belum vaksin kedua dan 88 pembatalan pelanggan yang berusia di bawah 12 tahun.

KA yang menjadi favorit masyarakat pada periode libur tahun baru tersebut adalah KA Airlangga jurusan Pasarsenen – Surabaya Pasarturi pp, KA Kahuripan (Kiaracondong – Blitar pp), KA Bengawan (Pasar Senen – Purwosari pp), KA Jayabaya (Pasar Senen – Malang pp), KA Argo Wilis (Bandung – Surabaya Gubeng pp), dan KA Argo Lawu (Gambir – Solo Balapan pp).

Mulai 1 Januari 2022, PT KAI menetapkan harga pelayanan Rapid Test Antigen di 83 stasiun turun. Sebelumnya Rp45.000 menjadi Rp35.000. Penyesuaian tarif ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan KAI pada pelanggan di libur tahun baru.

Dengan semakin terjangkaunya harga tersebut, diharapkan calon pelanggan dapat memanfaatkan layanan tersebut dalam melengkapi persyaratan sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

“KAI mengingatkan pelanggan terus melengkapi persyaratan naik KA di masa Nataru, salah satunya adalah Rapid Test Antigen bagi pelanggan diatas 12 tahun.” jelasnya.

Terdapat 8 stasiun di wilayah Daop 6 yang melayani pemeriksaan Rapid Test Antigen yaitu Stasiun Yogyakarta, Solo Balapan, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Sragen, Wates, dan Solo Jebres. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *