Operasi Penuh Bandara YIA Tetap Sesuai Jadwal

by 7 months ago

Kulonprogo – Operasi penuh Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) tetap sesuai jadwal yakni 29 Maret 2020 mendatang. Pemindahan ratusan jadwal penerbangan dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta pun tak dilakukan secara seremonial untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pelaksana tugas sementara Manajer Umum YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan proses pemindahan saat ini sudah masuk tahap akhir. “Kami tak akan membuat seremonial pemindahan penerbangan dari Bandara Adisutjipto ke ke YIA. Hanya memindahkan tempat,” katanya di Kulonprogo, Maret 2020.

Agus mengatakan nantinya akan ada proses evaluasi hasil verifikasi terkait fasilitas di YIA, khususnya untuk penerbangan internasional. “Prosesnya tiga hari verifikasi. Untuk internasional hari ini. Nanti akan keluar izin rute internasional,” katanya.

Ia mengatakan hasil verifikasi yang dilakukan Direktorat Bandar Udara Kementerian Perhubungan. Pihaknya meyakini YIA akan lolos proses verifikasi untuk operasional penuh 29 Maret 2020.

Seluruh penerbangan dari Bandara Adisutjipto akan dipindahkan ke YIA, kecuali pesawat propeler atau berbaling-baling. Total, ada 192 jadwal penerbangan yang dipindahkan, termasuk empat rute internasional ke Malaysia dan Singapura.

“Tanggal 28 malam bagi pesawat yang remind over night atau ron, ini sudah mendaratnya di YIA. Bermalam di YIA. 29 pagi sudah berangkat rute YIA ke tujuan,” ucapnya.(rid/sip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *