Minggu, 26 Mei 2024
Koran Jogja

Pameran UMKM ASEAN Rural Culture Expo 2023 Digelar,di Tebing Breksi, Angkat Potensi Lokal

Pameran UMKM ASEAN Rural Culture Expo 2023 Digelar,di Tebing Breksi, Angkat Potensi Lokal. (Istimewa)
Pameran UMKM ASEAN Rural Culture Expo 2023 Digelar,di Tebing Breksi, Angkat Potensi Lokal. (Istimewa)

Yogyakarta, Koran Jogja – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar event pameran bertajuk ASEAN Rural Culture Expo di destinasi wisata Tebing Breksi , Kabupaten Sleman Yogyakarta Rabu 26 Juli 2023.

Event yang menggandeng Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) yang di Yogyakarta diwakili Bank BPD DIY itu menampilkan beragam produk desa dari berbagai perwakilan negara ASEAN.

Ajang ASEAN Rural Culture Expo yang digelar bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ini juga turut memamerkan produk UMKM lokal Indonesia.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar dalam pembukaan itu mengungkap bahwa adanya gelaran pameran produk-produk desa dari negara-negara ASEAN bisa meningkatkan kualitas kerjasama utamanya di kawasan pedesaan.

Menurut Gus Menteri, ASEAN Expo ini  menyasar setidaknya dua hal.

“Pertama yaitu bagaimana pertumbuhan ekonomi dan yang kedua adalah peningkatan sumber daya manusianya,” kata Halim.

Halim yakin jika seluruh jaringan antar negara-negara ASEAN tersebut baik maka pencapaian pertumbuhan ekonomi dan SDM antar desa di kawasan ASEAN akan mampu bersinergi secara berkelanjutan. Sebab kunci pertumbuhan ekonomi dan SDM ada pada wilayah pedesaan.

“Yang jelas itu bisa membuat kemiskinan yang ekstrim menjadi 0% sehingga kuncinya terletak pada wilayah pedesaan,” kata Halim.

Leave a Reply