Pemakai dan Penanam Ganja Ditangkap Polresta

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Berawal dari penangkapan dua orang, Satresnarkoba Polresta Yogyakarta mengamankan satu warga Sleman yang kedapatan menanam empat batang pohon ganja.

Dalam jumpa pers di Mapolresta, Kamis (27/5), Kanit 1 Sat Narkoba Polresta Yogyakarta AKP Widodo menyatakan penanaman ganja ini terungkap dari penangkapan AID (27) warga Lampung dan W (26) asal Magelang pada Selasa (25/5) malam.

“Penangkapan dilakukan karena keduanya diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis Ganja,. Dari penggeledahan kami menemukan barang bukti berupa Ganja,” kata Widodo.

Dari pengembangan lanjut, petugas mendapatkan satu nama lainnya yaitu DWS (30) yang asli Semarang dan tinggal di Maguwoharjo. Disini petugas menemukan empat pohon ganja berbeda yang dikembangbiakan.

Pengakuan ketiga tersangka, mereka bahwa sudah berulang kali menanam ganja dengan maksud dikonsumsi sendiri. Ganja ini didapatkan W dan AID dari salah satu pengedar dari Lampung yang berinisial K.

“Mereka mentransfer Rp 3,5 juta dan mendapatkan ganja sekitar 1,5 kg dan dikirim melalui bus antar kota,” lanjut Widodo.

Barang ini kemudian kepada tersangka DWS untuk diambil guna dipergunakan bersama-sama. Selain membeli, juga mendapatkan pasokan daun ganja yang ditanam sendiri dengan pohon-pohon setinggi 6 cm, 23 cm, 27 cm, dan 40 cm.

“Ketiganya kami kenakan UU RI No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman antara 12 hingga 20 tahun penjara,” katanya.(set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *