Menuju Indonesia Maju, Reformasi Komprehensif di Pendidikan Mutlak Dilakukan

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Bangsa Indonesia perlu menyiapkan secara serius untuk menjadi negara maju dengan kekuatan ekonomi 5 besar dunia pada 2045 nanti atau 100 tahun NKRI. Setidaknya ada dua strategi yang diperlukan, yakni pendidikan profesional dan menyiapkan generasi negarawan.

Anggota MPR RI, Cholid Mahmud mengatakan, pemerintah sudah seharusnya menyelesaikan masalah-masalah pendidikan, mulai dari isu biaya pendidikan, ketimpangan pembangunan fasilitas.

Kemudian, manajemen ujian nasional, jumlah jam belajar (full day school) hingga pembaruan kurikulum dan guru.

“Untuk menghasilkan generasi yang bisa membawa Indonesia menjadi negara maju pada tahun ke-100, maka reformasi komprehensif di bidang pendidikan mutlak dibutuhkan,” katanya di sela acara sosialisasi dengan tema Menyiapkan Generasi Muda Menuju 100 Tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia, di kantor DPD RI DIY pada Sabtu (20/3).

Menurut Cholid Mahmud, selain itu juga perlu disiapkan generasi negarawan (statesman). Figur-figur negarawan seperti Mohammad Hatta (Bung Hatta), M Natsir, Wahid Hasyim, Agus Salim, perlu ditampilkan agar menjadi teladan bagi para generasi muda.

Cholid menyebutkan generasi yang dibutuhkan untuk membawa Indonesia menjadi negara maju memiliki gagasan negarawan serta profesional.

Berpikir untuk bangsa dan negara, bukan kelompoknya sendiri. Artinya, secara moral sangat kokoh, jujur serta tanggung jawab. “Moral itu sesuatu yang mendasari.Misinya juga jelas. Perlu kita siapkan dari sekarang,” katanya.

Guru Besar UIN Sunankalijaga Yogyakarta Prof Dr Muhammad Chirzin M Ag yang juga menjadi pembicara dalam sosialisasi itu mengatakan, dirinya sepakat moral adalah kunci penyiapan generasi. Tiap-tiap bangsa mempunyai cara berjuang dan kepribadian sendiri, yang terwujud dalam  kebudayaannya, wataknya, politiknya, perekonomiannya.

“Tidak ada bangsa yang dapat mencapai kebesaran jika tidak percaya kepada suatu pandangan hidup yang memiliki dimensi-dimensi moral guna menopang peradaban besar,” ucapnya.

Guru Besar Tafsir Al Quran yang juga Ketua Umum MUI dan FKUB Kota Yogyakarta ini menjelaskan Indonesia sangat membutuhkan generasi muda yang berkualitas. Di tangan para pemuda urusan umat, dan di dalam ketangguhannya kejayaannya.(rid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *