Perbatasan Jogja Rencana Diberlakukan Pemeriksaan Swab Antigen

by
koran jogja

Yogyakarta, Koran Jogja – Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berencana memberlakukan pemeriksaan swab antigen di perbatasan. Beberapa lokasi yang diplot yakni perbatasan Jalan Solo, Magelang, dan juga Wates.

Koordinator Pengamanan dan Penegakan Hukum Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY Noviar Rahmad mengatakan, razia swab antigen ini diperuntukan bagi mereka yang melintasi atau masuk perbatasan-perbatasan wilayahnya.

“Di masa PPKM ketiga, rencananya mulai dilakukan pemeriksaan swab antigen di perbatasan,” katanya saat dihubungi pada Minggu (7/2).

Noviar berkata, pemeriksaan swab antigen rencananya akan dilakukan di pintu masuk perbatasan baik sisi timur (kawasan Prambanan Jalan Solo-Yogya), sisi utara (Sleman-Jalan Yogya-Magelang) dan juga sisi barat (Jalan Yogya-Wates).

Noviar mengatakan, razia swab antigen ini kemungkinan akan berbayar. Seperti belakangan juga dilakukan di sejumlah daerah di Jawa Tengah.

Noviar mengatakan, ketika ada yang uangnya tak cukup melakukan swab antigen maka diberikan pilihan putar balik atau tidak bisa masuk perbatasan. “Soal penegakan hukum, baru akan kami bahas dengan pemerintah kabupaten serta kota,” ucapnya.

Wakil Gubernur DIY Paku Alam X sebelumnya mengatakan siap menerapkan PTKM berbasis mikro sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat.

Paku Alam berkata, letak geografis DIY yang berada di tengah dan dikelilingi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Sehingga rentan terhadap penularan apabila tidak ada aturan jelas mengenai pembatasan perjalanan jauh saat liburan. “Perlu pemikiran adanya pembatasan saat liburan. Bahkan dari Jakarta hanya memerlukan enam jam untuk bisa sampai ke Jogja,” ucapnya.(rid)