Minggu, 26 Mei 2024
Koran Jogja

Prakiraan Cuaca di Jogja 5 sampai 7 November 2023, Waspada Potensi Hujan Lebat

Prakiraan Cuaca di Jogja Kamis 18 Januari 2024 Hujan lebat di Gunungkidul. (dok. koran jogja)
Prakiraan Cuaca di Jogja Kamis 18 Januari 2024 Hujan lebat di Gunungkidul. (dok. koran jogja)

Koran Jogja – BMKG Stasiun Meteorologi Yogyakarta memprakirakan cuaca di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta pada periode 5 sampai 7 November 2023 ada potensi hujan ringan hingga lebat.

Dari hasil analisis dinamoka atmosfer, BMKG Yogyakarta mengidentifikasi adanya pusat tekanan rendah di Samudra Pasifik sebelah utara Papua dan India bagian Selatan.

Kondisi tersebut akan berdampak pada terbentuknya daerah pertemuan angin di Jawa. Sedangkan arah angin di Yogyakarta masih dominan dari timur ke tenggara dengan ekcepatan 25 sampai 35 km per jam.

Kemudian untuk kelembapan udara di DIY pada ketinggian 1.5 – 3.5 km (level 850 – 700 mb) kisaran 50 sampai 80 persen atau cukup basah, sehingga ada potensi pertumbuhan awan hujan.

Baca artikel menarik lainnya:

Pembentukan awal hujan ini terutama di bagian utara pada siang sampai sore hari.

BMKG Yogyakarta menyebut cuaca pada 5 November 2023 ada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di Sleman bagian utara dan Gunungkidul bagian utara.

Sedangkan di Kota Yogyakarta, Sleman bagian tengah dan Selatan, Bantul bagian utara, Gunungkidul bagian tengah dan Kulon Progo bagian utara ada potensi hujan ringan.

Selanjutnya prakirakan cuaca di Jogja pada 6 November 2023 ada potensi hujan ringan di Sleman bagian tengah dan utara, Gunungkidul bagian utara, dan Kulon Progo bagian utara.

Sementara itu untuk cuaca di Jogja pada 7 November 2023 ada potensi hujan ringan di Sleman bagian utara dan Gunungkidul bagian utara.

BMKG Yogyakarta mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di Sleman bagian utara dan Gunungkidul bagian utara pada Minggu 5 November. (*)

Leave a Reply