Puluhan Anggota TNI Kulon Progo Diberangkatkan ke Papua

by 4 months ago

Kulon Progo – Puluhan anggota TNI dari Kodam IV/Diponegoro diberangkatkan ke Papua untuk bertugas selama satu tahun ke depan. Mereka akan diperbantukan dalam berbagai tugas, seperti rekrutmen anggota hingga pengamanan teritorial.

Ketua Kelompok Staf Ahli Pangdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Rimbo Karyono mengatakan ada sebanyak 56 anggota yang diberangkatkan dan nantinya bertugas di bawah koordinasi dari Kodam XVIII Kasuari.

“Ada 56 angota yang diberangkatkan untuk mendukung tugas di Kodam XVIII Kasuari,” kata Ketua Kelompok Staf Ahli Pangdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Rimbo Karyono di sela apel pemberangkatan di halaman Kodim 0731/Kulonprorogo, Minggu (28/6) lalu.

Sebelum diberangkatkan, seluruh personel ini dikumpulkan di Kodim Kulonprogo untuk mendapatkan pembekalan terkait ketugasan yang ada. Salah satuya dalam penerapan SOP protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Pembekalan juga akan dilakukan ketika mereka tiba di sana,” katanya.

Setelah mendapatkan pembekalan, mereka diberangkatkan ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) untuk diterbangkan ke Papua dengan pesawat komersial. Rencananya mereka akan transit di Makassar sebelum tiba di Bumi Cenderawasih.

Jumlah personel di setiap Kodim yang diberangkatkan tidak sama. Dari Kulonprogo ada dua personel dari Koramil Kalibawang dan Kokap.

Orang tua salah satu personel yang berangkat, Sutrisno Ari Widodo mengaku sebenarnya berat melepaskan anaknya dinas di Papua. Namun, dia tidak bisa menahan putranya untuk melaksanakan tugas pengabdian untuk negara.

“Sebenarnya sedih juga berpisah, tetapi ini tugas dan pengabdian untuk negara yang harus dilaksanakan,” ucapnya.(rid/roy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *