Ribuan Petasan Siap Ledak Disita Polsek Pajangan Bantul

by

Bantul, Koran Jogja – Polsek Pajangan, Bantul menangkap satu pembuat petasan dengan barang bukti ribuan yang siap diledakan di dua lokasi berbeda. Pelakunya adalah APP dan diamankan Selasa (24/6).

Dalam jumpa pers Kamis (28/4) di Mapolsek Pajangan, Wakapolres Bantul Kompol Sancoko Punjung Seksono mengatakan ada sebanyak sebanyak 1.744 petasan yang diamankan dari lokasi berbeda.

“Lokasi pertama yaitu di Dusun Gandekan, Desa Guwosari. Disana 52 selongsong mercon berdiameter tiga sentimeter, 1 selongsong mercon diameter 12,5 centimeter dan satu buah selongsong mercon diameter 5 sentimeter,” kata Sancoko.

Petugas juga menyita bumbu mercon seberat 3,5 gram dan beberapa peralatan lainnya seperti sendok takar dan timbangan digital. Motifnya sendiri, pelaku AAP akan menggunakan petasan untuk diperjual belikan.

“Lokasi kedu dengan barang bukti 1.720 selongsong mercon dan petasan siap ledak di sebuah rumah kosong yang berada di Dusun Gupak Warak, Desa Sendangsari,” ucapnya.

Petasan di lokasi ini direncanakan digunakan saat malam takbiran oleh para remaja. Pengungkapan kasus penyimpanan ribuan petasan ini berawal dari pantauan media sosial oleh petugas.

Polisi menjerat pelaku dengan Pasal 36 Perda Kabupaten Bantul Nomor 4 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum. Dengan ancaman penjara 1 bulan dan denda Rp.10 juta. (Set)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *