Robot Rosemery dari UNY Raih Juara 2 di Kontes Robot Seni Tari Wilayah 2

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Robot Rosemery Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mampu meraih juara 2 dalam Kontes Robot Seni Tari Wilayah 2 tahun 2022 yang dilaksanakan secara daring.

Kontes robot ini merupakan salah satu bagian dari Kontes Robot Indonesia (KRI) yang akan digelar di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Kontes Robot Indonesia adalah kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Dalam perlombaan ini Robor Rosemery membawakan tarian Kancet Ledo dari Kalimantan Timur. Ketua Tim Rosemery Leandra Okta mengatakan bahwa robotnya menampilkan beberapa gerakan baru yang lebih luwes, indah, dan lebih baik daripada kontes Robot Seni Tari Indonesia tahun-tahun sebelumnya.

“Pada kontes kali ini Tim Rosemery memiliki ciri khas dalam berpenampilan sesuai Tema Kontes Robot Seni Tari Indonesia tahun ini yaitu dengan memakai pakaian Batik Khas Dayak,” kata Leandra melalui keterangan tertulisnya, Selasa (14/6).

Dengan ciri khas dan penampilan yang cantik Robot Rosemery sangat menghibur orang yang melihat penampilannya. Kesan menarik ditambahkan dengan adanya lighting yang menyorot Robot ketika menari.

Strategi gerakan dan penampilan diharapkan dapat membuat sebuah kejutan untuk juri karena diyakini dengan memberikan suatu hal yang baru itu dapat membuat sebuah nilai plus. Tim Rosemery juga telah menyiapkan dengan matang beberapa mode gerakan berbeda untuk Babak Penyisihan dan Babak Final.

Menurut manager tim Robot Rosemery Durrotun Berliana persiapan yang dilakukan sebelum lomba diawali dari persiapan mental tim inti, operator, crew, persiapan robot yang matang, dan pengecekan komponen elektronik mekanik, serta kostum artistik.

“Persiapan mental adalah hal utama yang perlu disiapkan saat pertandingan dimulai, karena ketika mental tidak siap saat terjadi masalah pada robot sering kali berujung panik dan tidak menemukan solusi pada saat masalah tersebut terjadi sehingga membuat hal sepele menjadi ribet,” katanya.

KRI memperlombakan 6 (enam) kategori yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia(KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Dosen pembimbing tim Robot Rosemery Herlambang Sigit Pramono, S.T., M.Cs merasa gembira atas capaian ini dan berharap bisa tampil maksimal dalam KRI di Surabaya kelak.

Anggota tim Robot Rosemery adalah Ketua Leandra okta (Teknik Elektro), Manager Durrotun Berliana (Pendidikan Teknik Mekatronika), Motion Programmer Fatur Sena Alwafi (Pendidikan Teknik Mekatronika), Safitri Yuliana Utama (D4-Teknik Elektronika) dan Nurlaila Umi Hasanah (Pendidikan Teknik Kimia).

Hardware Programmer Irwan Ardiansyah (D4-Teknik Elektronika) dan Zakif Fatkul Irsad (Pendidikan Teknik Elektro). Mechanic Engineer La Marzan (Pendidikan Teknik Elektronika) dan Burhan Dwi (Pendidikan Teknik Otomotif).

Electronics Engineer Dotu Perangga Sakti (Pendidikan Teknik Elektronika) dan Khafiizh Ahmad Mu’izz (Pendidikan Teknik Mekatronika) sedangkan Artistic adalah Nurlaila Umi Hasanah (Pendidikan Teknik Kimia). (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *