Rumah Makan Moerni 78, Kuliner Nostalgia di Yogyakarta

by

Koran Jogja, Yogyakarta – Rumah makan Moerni 78 menyajikan berbagai menu-menu kuliner zaman dulu yang menjadi khas terutama di Kota Yogyakarta.

Rumah makan ini berlokasi di Jalan Tukangan No. 45, Kelurahan Tegal Panggung, Kecamatan Danurejo, Kota Yogyakarta.

Manajer Operasional rumah makan Moerni 78, David mengatakan rumah makan ini berdiri sejak 1978 silam. Bangunan yang digunakan awalnya merupakan pabrik es.

Rumah makan ini kemudian diberi nama Moerni 83 menyesuaikan nomor rumah. Namun kemudian nomor rumah sudah diganti menjadi 45.

“Sehingga penamaan Moerni 78 dipilih menyesuaikan tahan pertama buka, dan supaya tidak bingung saat pembeli mencari lokasi,” katanya dikutip dari situs Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Menu-menu yang menjadi favorit di rumah makan ini berupa Bistik Komplit dan Es Teler. Kedua menu ini selalu cepat habis setiap harinya yang biasanya menyediakan sekitar 60 sampai 100 porsi.

Resepnya pun tak berubah sejak turun temurun. Es telernya berupa alpukat, Nangka, kelapa muda, roti, jelly, santan, kental manis.

Ada juga menu lainnya seperti bakmoy, opor ayam dan tahu telor. Harga per porsinya pun cukup murah mulai dari Rp 12.000 sampai Rp 20.000.

Berbagai es segar zaman dahulu seperti setup nanas, es campur dan es roti yang berisikan santan, gula serta roti favorit orang tua juga dijual cukup terjangkau dari harga Rp 6.000 hingga Rp 23.000 per porsinya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *