Icip Soto Lenthok Pak Gareng di Gedong Tengen, Pernah Coba?

by

Yogyakarta, Koran Jogja – Yogyakarta memiliki beragam kuliner khas, seperti gudeg, angkringan, dan banyak lagi. Nah ada satu menu yang sayang untuk dilewatkan ketika berwisata ke daerah ini, yaitu sajian soto lenthok.

Salah satu penyaji soto lenthok di Yogyakarta adalah Soto Ayam Lenthok Pak Gareng yang sudah ada sejak tahun 1995. Lenthok atau perkedel singkong menjadi ciri khas sajian soto di Yogyakarta.

Pak Gareng sebagai peramu soto, masih memegang teguh cita rasanya dengan menggunakan ayam kampung asli, yakni ayam jago.

Hal tersebut juga menjadi salah satu keunikan soto ini jika dibandingkan dengan soto ayam lenthok yang lain.

“Selain ada lenthoknya ya, saya masih menggunakan ayam jago asli di sotonya ya,” kata Pak Gareng dikutip dari laman resmi Pemkot Yogyakarta.

Soto Ayam Lenthok Pak Gareng bisa dinikmati bersama sate usus, sate telur puyuh atau lauk lainnya.

Mulai dari Rp 12.000 saja, pencinta kuliner sudah bisa menikmati semangkuk soto ayam lenthok Pak Gareng. Cukup terjangkau bagi kalangan masyarakat umum dan pelajar.

Soto Ayam Lenthok Pak Gareng Pusat dapat ditemukan di Jl. Pangeran Mangkubumi, Sosromenduran, Gedong Tengen.

Tepatnya di sebelah utara Stasiun Tugu. Kini, Pak Gareng telah memiliki dua cabang, yaitu di dekat Stasiun Lempuyangan dan Ngaglik, Sleman.

Soto Ayam Lenthok Pak Gareng mulai buka dari pukul 06.00 WIB sampai habis. Karenanya, soto ini sangat cocok dinikmati sebagai sarapan pagi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *