Selamat tinggal, Internet Explorer. Terima kasih atas kenangan dan malwarenya

by

Koran Jogja – Akhir dari sebuah era ada di kita, karena Internet Explorer akhirnya pensiun setelah lebih dari 26 tahun melayani, baik dan buruk.

Diumumkan tahun lalu, penghentian resmi Internet Explorer pada 15 Juni 2022, datang 26 tahun 10 bulan (tepatnya 9.801 hari) setelah dirilis pada 15 Agustus 1995, saat Internet publik masih dalam masa pertumbuhan. .

Sejak awal, itu mengundang kontroversi. Setelah peluncuran Windows 95 (juga pada Agustus 1995), Microsoft mulai menggabungkan Internet Explorer dengan versi OEM dari sistem operasi.

Ini berarti bahwa jika Anda membeli komputer baru pada saat semua orang membeli komputer baru, Anda hampir pasti mem-boot-nya dengan salinan browser web Microsoft yang sudah diinstal dan ditetapkan sebagai program default untuk berinteraksi dengan Internet.

Ini, tentu saja, yang membuat Microsoft mendapat masalah dengan pemerintah AS, yang mengajukan tindakan antimonopoli yang berhasil terhadap perusahaan (Amerika Serikat v. Microsoft) yang pada akhirnya memaksa Microsoft untuk mengizinkan OEM memasang peramban web pilihan mereka di mesin. mereka dikirim.

Strategi itu tetap berhasil, dan pada pergantian milenium, jika Anda tidak menggunakan perantara warisan seperti AOL, Internet Explorer adalah cara hampir semua orang memasuki internet, dan tidak dapat diduga bahwa ini bisa berubah.
Microsoft Internet Explorer kehilangan keunggulannya

Internet Explorer 6 dirilis pada tahun 2001 sekitar waktu penyelesaian akhir kasus antimonopoli Microsoft, dan tidak menerima fitur utama yang diperbarui selama beberapa tahun kritis sesudahnya.

Internet Explorer pada saat itu adalah browser web yang dominan di seluruh dunia, jadi Microsoft mungkin berpikir itu bisa berpuas diri. Ini terbukti konsekuensial karena dua alasan: Kontrol ActiveX dan Mozilla Firefox.

Kontrol ActiveX adalah fitur Internet Explorer sejak tahun 1996 yang memungkinkan halaman web untuk mengemas kode yang dapat dieksekusi ke dalam HTML yang akan berjalan di mesin sisi klien (yaitu, komputer Anda) tanpa campur tangan pengguna.

Meskipun ini bisa dibilang membuat internet menjadi pengalaman yang lebih kaya daripada yang bisa dihasilkan oleh halaman web sederhana, ini juga menjadi mimpi buruk keamanan segera — yang tidak pernah bisa dihilangkan oleh Internet Explorer.

Kemudian pada tahun 2004, Mozilla Firefox, salah satu proyek sumber terbuka besar pertama di internet, dirilis, menawarkan penjelajahan web dengan tab, dukungan ekstensi, dan tidak ada kerentanan Kontrol ActiveX.

Ketika pengguna berbondong-bondong ke Firefox, dan beberapa tahun kemudian ke Google Chrome, Internet Explorer hanya menawarkan sedikit pembaruan hingga tahun 2007, dengan Internet Explorer 7, tetapi saat itu sudah hampir selesai.

Firefox, dan kemudian Chrome, pada akhirnya akan membayangi Internet Explorer dan menurunkan pangsa pasarnya yang dulu dominan ke posisi terendah yang tidak pernah terpikirkan dari mana ia tidak pernah pulih.

Microsoft Internet Explorer menuju pensiun

Pada tahun 2015, ketika Microsoft merilis browser Microsoft Edge baru, itu semua kecuali memohon pelanggan Internet Explorer untuk beralih, terutama yang masih menjalankan Windows XP dengan Internet Explorer 6, yang sebagian besar adalah bisnis dan institusi, meskipun penuh dengan kerentanan yang tidak dapat ditambal di berkembang, internet modern.

Akhirnya, setelah mengumumkan penghentian dukungan Windows XP untuk mendapatkan penundaan untuk beralih, Microsoft mengumumkan tahun lalu bahwa mereka juga menarik steker di Internet Explorer.

Saat itu akhirnya tiba. Sampai sekarang, Internet Explorer – yang pernah menjadi penguasa internet yang sangat kuat – tidak lagi didukung di sebagian besar sistem operasi, dengan pembaruan keamanan yang diperluas yang sangat terbatas untuk layanan perusahaan tertentu dengan perjanjian dukungan yang diperpanjang yang wajib dipenuhi oleh Microsoft secara kontraktual. Tetapi bahkan itu akan selesai pada akhir 2023. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *