Seluruh RS di Bantul Diminta Miliki Fasilitas Tes Swab

by

Bantul, Koran Jogja – Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharja sudah mengintruksikan seluruh rumah sakit baik rujukan Covid-19 maupun tidak, memiliki fasilitas tes Swab.

“Sejak dua Minggu lalu kami sudah meminta kepada seluruh RS di Bantul untuk menyediakan tes Swab,” kata Agus di Bantul, Kamis (14/1).

Hal ini bertujuan agar pelacakan terpapar positif Covid-19 bisa dipercepat. Tidak perlu lagi mengirimkan dan menunggu hasil tes spesimen dari laboratorium.

Menurut Agus, dari total 11 RS yang terdata, saat ini menurutnya semua pengelola sudah menyatakan siap. Khususnya lima RS yang belum menjadi rujukan perawatan Covid-19.

“Kami juga meminta, RS yang selama ini belum menjadi rujukan untuk menyediakan ruang perawatan pasien Covid-19 dan ini sudah ada respon dari beberapa manajemen RS,” lanjutnya.

Sedangkan untuk RS rujukan, Dinkes menurut Agus sudah meminta adanya penambahan ruang perawatan. Meski tidak mematok kouta berapa persen dari total kamar.

Bahkan untuk menambah jumlah bed perawatan pasien positif Covid-19, beberapa Pemerintah Desa sudah mengundang Puskesmas setempat untuk berkoordinasi terkait keberadaan rumah isolasi mandiri yang diminta Pemkab.

“Soal jumlahnya berapa yang siap, sampai sekarang saya belum mendapat datang terbaru. Tapi kami optimis sebelum akhir Januari rumah isolasi mandiri di desa siap,” lanjutnya.(set)