Sepi Kontes, Peternak Kambing PE Hadirkan Olahan Susu

by

Bantul, Koran Jogja – Tidak diselenggarakannya kontes kambing peranakan etawa (PE), memberi ide kalangan peternak di Bantul untuk menghadirkan olahan susu kambing. Meski tidak sebesar pendapatan menjual cempe, namun produk baru ini mulai dilirik pasar.

Diversifikasi ini seperti dilakukan oleh peternak yang tergabung dalam kelompok peternak kambing PE Mendo Mukti yang ada di RT 41 Dusun Sangkeh, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Dulu perahan susu kambing PE dikhususkan untuk cempe agar pertumbuhan bagus. Biasanya diutamakan untuk kambing yang diternakan sendiri, baru jika ada sisa dijual,” ujar pengurus harian kelompok ternak Yuni Kurniawan, Jumat (24/9).

Yuni menganggap peruntukan susu untuk cempe ini menjadi hal yang diwajibkan dalam bisnis kambing PE. Sebab cempe dari indukan juara akan tumbuh bagus dan memiliki harga jual tinggi.

“Cempe ini merupakan tulang punggung bisnis peternakan kambing PE. Jadi harus mendapatkan prioritas setelah induknya,” lanjut Yuni.

Dipelopori oleh istrinya, Siska Septi Handayani, bisnis sampingan olahan susu kambing PE ini dihadirkan sejak pertengahan pandemi tahun lalu. Susu ini diperah dari indukan yang sudah melahirkan.

Dari 30 ekor yang diternak, ada enam indukan PE yang setiap hari diperah. Seekor kambing mampu menghasilkan tiga setengah liter susu, dimana untuk konsumsi anakan dibutuhkan 1,5 liter per hari.
Keberadaan kelebihan susu hingga 12 liter perhari ini kemudian diolah dalam kemasan botol seperempat liter ini dipasarkan seharga Rp10.000,- dengan merek ‘Go Milk’.

Dalam proses pengolahan, Siska memaparkan proses memasak susu tidak boleh dibiarkan mencapai 100 derajat celcius, cukup 70 derajat. Jika mencapai 100 derajat, susu yang dimasak akan mengental seperti bubur.

“Kemasan botol dengan sembilan varian, pemasaran melalui online. Tapi yang membeli susu murni cukup tinggi. Rata-rata terjual 20 liter per minggu dengan harga Rp25.000 per liter,” jelasnya.

Menurutnya, susu kambing memiliki khasiat seperti meningkatkan imun tubuh, juga meredakan stress, penyakit jantung, pernafasan, dan asam lambung. Bahkan ada pembeli positif Covid-19 yang usai mengkonsumsi sembuh.(set)