Siap Perjuangkan Daerah, DPD Tak Minta Imbalan

by

 

Yogyakarta, Koran Jogja – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyatakan pihaknya tidak bakal meminta imbalan apapun dalam memperjuangkan kepentingan daerah. Menyuarakan aspirasi daerah ke pusat adalah tugas dan kewajiban DPD.

Hal ini ditegaskan LaNyalla saat bertemu dengan perwakilan Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer Non-Kategori (GTKHNK) yang berusia di atas 35 (GTKHNK 35+ ) di Kota Yogyakarta, Minggu siang (6/6).

“Saya sampaikan sejak Oktober 2020, kami sepakat memperkenalkan tagline yang menjadi spirit kerja, yaitu ‘Dari Daerah untuk Indonesia’,” katanya.

Baginya, kalimat ini bukan sekedar kalimat, tetapi merupakan posisi yang sengaja diambil dan perankan untuk meneguhkan diri sebagai wakil daerah. Ini sesuai dengan sumpah jabatan saat dilantik dan berjanji atas nama Tuhan, memperjuangkan dan mewakili daerah di pusat.

Sebagai orang-orang dari daerah, yang bukan berasal dari partai politik. Seluruh anggota DPD sering kali turun ke daerah guna melihat dan mendengar secara langsung apa yang menjadi permasalahan di daerah.

“Terutama yang dialami dan dirasakan langsung oleh stakeholder yang ada di daerah. Atas kerja ini, kami tidak meminta timbal balik atau menerapkan sistem transaksional. ,” ucap LaNyalla.

Jadi, dirinya meminta kepada masyarakat untuk lebih mengenal seluruh anggota DPD RI yang berasal di provinsi masing. Menurutnya dari 34 provinsi, setiap daerah diwakili oleh empat orang.

“Di Daerah Istimewa Yogyakarta, silahkan sampaikan aspirasi anda kepada DPD DIY yang berkantor di Jalan Kusumanegara 133 Kota Yogyakarta. Saya tegaskan, bagi anggota DPD yang tidak memperjuangkan daerah, silahkan mengundurkan diri,” katanya.

LaNyalla juga menyinggung tentang tidak adanya hak anggota DPD mencalonkan diri sebagai Presiden pasca amandemen pada 2002. Ia mengaku saat ini pihaknya sekarang tengah berjuang keras untuk memiliki hak yang sama seperti yang dimiliki partai politik.

“Tidak gampang, semua pasti berat. Namun saya selalu punya keyakinan. Kalau takdir kenapa tidak (menjadi Presiden). Semua punya tujuan dan cita-cita yang baik,” jelasnya.

Ketua Guru GTKHNK 35+, Nasrullah berterima kasih atas segala perjuangan DPD agar mereka bisa diangkat sebagai PNS.

“Sebagai feedback, kami sosialisasi mengenai apa fungsi dan tugas DPD Ri hingga pelosok desa. Tidak hanya ke masyarakat, namun kepada murid kami turut jelaskan hal yang sama,” katanya.(set)