Suka Pelihara Ikan Koki? Penjualannya Tak Pernah Sepi Selama Pandemi!

by
Ilustrasi Seorang pria yang memelihara ikan koki. (Humas Pemkot Yogyakarta)

Ilustrasi Seorang pria yang memelihara ikan koki. (Humas Pemkot Yogyakarta)

Djogjainfo – Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta melalui Balai Benih Ikan (BBI) terus membudidayakan ikan hias ataupun ikan siap konsumsi.

Hingga saat ini ikan yang sangat diminati para pecinta ikan adalah ikan jenis koki dan komet.

Jenis ikan koki merupakan salah satu peliharaan ikan hias air tawar yang populer di Indonesia, karena tampilannya yang cantik dan memiliki perawatan yang sangat mudah.

Sehingga tidak mengherankan kalau banyak orang menjadikannya primadona.

Koordinator BBI Kota Yogyakarta Triyanto mengatakan, sejak pandemi jenis ikan lainnya mulai menurun terkecuali ikan koki dan komet. Jenis ikan ini masih sangat diminati hingga saat ini.

“Hingga saat ini masih sangat landai penjualan ikan di Kota Yogyakarta. Namun untuk ikan koki dan komet masih sangat diminati dan masih tren di pasaran,” ujarnya.

Walaupun harganya terbilang sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 3000,- hingga Rp 100.000,- penjualan ikan koki terbilang stabil.

“Harganya yang tidak tinggi membuat para pecinta ikan terus ada dan tidak pernah sepi. Sehingga kebutuhan pasar sampai saat ini lumayan banyak. Biasanya di cari di toko pasti selalu ada,” jelasnya.

Untuk penjualan di BBI yang berada di Kampung Nitikan, Kelurahan Sorosutan, Kemantren Umbulharjo, Yogyakarta ini terbilang sangat mudah dengan harga di bawah pasaran.

“Yang masih umur empat bulan ini kita hargai Rp 1.500 saja. Ini merupakan salah satu jenis ikan yang paling laku di pasaran,” katanya.

Untuk perawatan ikan koki sendiri juga terbilang cukup mudah yakni hanya memperhatikan kualitas air terutama terhindar dari air baru.

” Jadi agar ikan koki ini tidak cepat mati, maka hindarkan dari air yang langsung mengalir. Jadi air harus diendapkan terlebih dahulu minimal satu malam agar aman dan koki tetap hidup,” jelasnya.

Triyanti mengungkapkan, ikan koki memiliki banyak jenis yakni koki jenis Mas Ryukin, Mas Koki Black Moor, Celestial Goldfish, Mas Koki Lion Head dan masih banyak lagi.

Namun BBI hanya membudidayakan jenis ikan Koki Oranda, Ryukin, dan Ranchu karena jenis ini banyak peminatnya.

“Harapannya jenis ikan koki ini akan selalu diminati para pembeli, sehingga penjualan di masa pandemi terus berjalan,” ujarnya. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *