Tentukan Jurusan Kuliah, Tes Minat dan Bakat Dulu di Universitas123

by

Koran Jogja – Universitas123 merupakan salah satu platform pendidikan yang ada di Indonesia, yang dapat membantu para pelajar untuk mencari kebutuhan mengenai informasi perkuliahan.

Layanan dari startup digital yang fokus dalam bidang ini ada banyak, baik itu berupa informasi mengenai universitas maupun beasiswa dalam maupun luar negeri.

Selain itu terdapat pula layanan menarik launnya semisal saja pendaftaran kuliah yang anti ribet pengursan visa belajar yang anti ribet, hingga berbagai test yang bisa digunakan para pelajar.

Salah satu layanan tes yang disediakan yakni Tes Minat Bakat Universitas 123. Tes ini berguna untuk menggali potensi guna membantu menentukan jurusan kuliah terbaik sesuai dengan kepribadian dan kemampuanmu.

Tes seperti ini sangat penting lho. Memilih jurusan merupakan langkah penting dalam proses perguruan tinggi, dan itu tidak boleh dianggap enteng. Ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan.

Pertama yakni mengenai prioritas terbesar kamu. Beberapa siswa mengejar jurusan tertentu terutama berdasarkan potensi gaji dan permintaan pekerjaan. Ada juga siswa yang memilih jurusan yang mereka sukai dan atau sangat ahli dalam.

Sebelum kamu memilih jurusan, pikirkan yang mana dari beberapa pertimbangan ini, yakni keuntungan ekonomi; tingkat minat; dan kemampuan.  Kemudian juga hal yang paling penting dan relevan bagi kamu, yakni cita-cita.

Faktor kedua yaitu mengenai apa yang kamu minati. Studi telah menemukan bahwa siswa cenderung tampil lebih baik di sekolah ketika mereka dapat fokus pada minat mereka. Sayangnya, tidak selalu mudah bagi seorang siswa untuk mengidentifikasi minat mereka.

Untuk mendapatkan bantuan dalam hal ini, pertimbangkan untuk mengikuti tes kepribadian. Misalnya, tes yang dapat membantu kamu menentukan subjek yang sesuai dengan kepribadian dan minat kamu.

Tes yang dengan penilaian menggunakan kebiasaan dan sikap kamu untuk menghasilkan salah satu dari 16 tipe kepribadian, yang ditulis sebagai kombinasi dari empat huruf. Contohnya termasuk ISFJ (introvert, penginderaan, perasaan, dan penilaian) dan ENTP (ekstrovert, intuitif, berpikir, dan memahami).

Kamu juga dapat menjelajahi bidang studi dan jalur karier yang potensial dengan bergabung dengan komunitas mahasiswa, menjadi sukarelawan, bekerja paruh waktu di kampus, mengelola pekerjaan sampingan, atau menyelesaikan magang.

Faktor ketiga yakni mengenai keahlian kamu. Memahami keterampilan dan bakat alami kamu dapat membantu membuat keputusan yang tepat dan percaya diri saat memilih jurusan.

Mungkin impian orang tua kamu untuk menjadi seniman, tetapi bagaimana jika kamu lebih condong ke bisnis atau sains. Hanya karena orang lain memiliki jalur gelar, tidak berarti itu tepat untuk kamu.

Salah satu cara untuk menentukan bidang akademik mana yang paling cocok untuk kamu adalah dengan melihat dari dekat nilai kelas Anda di sekolah menengah, serta skor ACT atau SAT kamu. Melakukan hal ini dapat menyoroti kekuatan kamu di bidang akademik tertentu.

Faktor selanjutnya yakni bidang dengan pembayaran tertinggi. Saat mempertimbangkan jurusan mana yang akan diambil, tentukan seberapa penting gaji dan potensi gaji dalam proses pengambilan keputusan kamu.

Jika kamu termotivasi oleh penghasilan tinggi, mengejar gelar di bidang terkait STEM mungkin menarik.

Yang mengatakan, beberapa siswa lebih peduli tentang pentingnya pekerjaan mereka daripada gaji yang ditawarkan; mereka tidak menginginkan pekerjaan hanya untuk uang.

Gelar non-STEM yang sering diminati siswa terkait dengan layanan manusia, pendidikan, dan seni visual/pertunjukan.

Biro Statistik Tenaga Kerja menyediakan daftar posisi yang diperbarui secara berkala yang menawarkan upah tertinggi. Psikiater peringkat tinggi dalam daftar ini, seperti halnya ahli bedah mulut dan maksilofasial, dokter kandungan dan ginekolog, dan dokter penyakit dalam umum.

Jika kamu menginginkan pekerjaan di luar kedokteran dan perawatan kesehatan, posisi lain dengan gaji tinggi termasuk kepala eksekutif, pilot maskapai penerbangan, manajer komputer dan sistem informasi, manajer arsitektur dan teknik, dan manajer pemasaran.

Nah, jika kamu tertarik untuk mengetahui apa minat dan bakatmu, bisa mencoba mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah di universitas123. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *