Jumat, 21 Juni 2024
Koran Jogja

Tingkatkan Bisnis Pariwisata, Dinas Pariwisata Gunungkidul Beri Pelatihan

Tingkatkan Bisnis Pariwisata, Dinas Pariwisata Gunungkidul Beri Pelatihan. (Istimewa)
Tingkatkan Bisnis Pariwisata, Dinas Pariwisata Gunungkidul Beri Pelatihan. (Istimewa)

Gunungkidul, Koran Jogja -Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, menyelenggarakan pelatihan tata kelola, bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata. Diharapkan dengan pelatihan ini bisa meningkatkan pengelolaan bisnis dan pemasaran destinasi wisata.

Kabid pemasaran dan kerjasama Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Emy Nur Aini, SE.,M.Bus menyampaikan pelatihan ini dilaksanakan 21-23 Agustus 2023 di Hotel El Royal Yogyakarta yang diikuti 40 orang peserta.

Sasaran pesertanya pengelola desa wisata beserta anggota dan usaha UMKM di destinasi pariwisata.

Baca juga: Jadwal Lengkap Layanan SIM di Gunungkidul Selama Juli 2022

Anggaran digunakan yakni dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik Tahun Anggaran 2023.

“Kami menyiapkan beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya, sehingga bisa meningkatkan pengetahuan para peserta,” kata Emy dalam keterangan tertulis diterima Senin (21/8/2023).

Adapun narasumber sebagai pengisi Gilang Ahmad Fauzi, S.S., MDS., M.Sc. dengan materi Tata kelola bisnis dan pemasaran destinasi wisata,

Desi Deria Cempaka Wijaya Murti, S.Sos., MA., dengan materi Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata, proses perencanaan dan pengelolaan bisnis dalam pengembangan destinasi, dan perencanaan destination branding, visitor experience, dan UMKM/Homestay,

Vinia Rizky Prima, S.I.P dengan materi Proses produksi dan operasi dalam UMKM Pengendalian kualitas dan efisiensi produksi Manajemen rantai pasok dalam UMKM Branding Destinasi dan UMKM, dan Segmentasi pasar dalam pemasaran destinasiPengembangan produk dan layanan destinasi Promosi dan distribusi destinasi pariwisata, serta

Meganusa Ludvianto, S.Sos., M.Commun dengan materi Segmentasi pasar dalam pemasaran destinasi Pengembangan produk dan layanan destinasi Promosi dan distribusi destinasi pariwisata, dan Desain kemasan, branding dan maksimalisasi software untuk meningkatkan desain visual dan teks.

Emy menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan para pengelola daya tarik wisata, desa wisata, dan destinasi pariwisata lainnya dalam melakukan tata kelola, bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata.

Leave a Reply