Tingkatkan Kapasitas ASN, BPSDN Kemendagri Gelar Podcast ‘Bikin Bangga Indonesia’

by

Koran Jogja – BPSDN Kemendagri terus melaksanakan berbagai pengembangan kompetensi melalui berbagai media. Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kapasitas ASN dalam berbagai bidang agar semakin profesional, lincah dan inovatif di era digital.

Salah satu program yang dilakukan yakni melalui Podcast yang ditayangkan secara live melalui streaming BPSDM TV.

Podcast Bikin Bangga Indonesia produksi BPSDM TV KEMENDAGRI menampilkan narasumber-narasumber kompeten di bidangnya, di antaranya para Kepala Daerah, Staf Khusus Presiden, para pakar, para Dirjen, dan juga kalangan profesional lainnya.

Podcast yang tayang pada Kamis, (3/2) berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah.

Poadcast kali ini dipandu oleh Alycia Evyta sebagai host dengan mengundang Dr Sugeng Hariyono, M.Pd Selaku Plt. Direktur Jenderal Bina Bangda Kemendagri

Podcast dengan tema Mencapai Target Pembangunan Nasional ini membahas sejumlah topik yang berkaitan dengan ruang lingkup kerja Bina Bangda diantaranya tentang penerapan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah, serta bagaimana kolaborasi atau peran masyarakat dalam mendukung  pembangunan di masing-masing daerah.

Juga menyebutkan upaya yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri dalam menangani banjir secara kolaboratif dan sinkron dari masing-masing stakeholders.

Dan yang paling penting adalah pemenuhan kebutuhan pelayanan bagi setiap masyarakat yang disediakan oleh Pemerintah dengan mengacu pada Standar Pelayanan Minimal (SPM), khususnya kelayakan sanitasi dan air minum di lingkungan masyarakat.

Namun yang menarik dalam bincang-bincang tersebut, bahwa saat ini Ditjen Bina Bangda sedang fokus mengembangkan peran serta masyarakat dalam membangun daerah bersama-sama serta mengawal permasalahan di lapangan melalui dokumen perencanaan.

Menurutnya, keterlibatan masyarakat sangat penting di dalam perencanaan pembangunan. Untuk tingkat daerah bisa berperan serta atau memberi masukan ketika penyusunan dokumen Perda, karena semua rancangan Perda itu terbuka untuk publik. Bahkan masyarakat bisa memberi masukan jika ada hal yang tidak sesuai.

Contohnya, baru-baru ini masyarakat minta perhatian Presiden karena ada jalan rusak  sepanjang 32 kilometer yang sudah lama tidak diperbaiki oleh pemerintah daerah setempat.

“Yang kami amati, pemerintah daerah memang harus lebih banyak melihat permasalahan yang ada di masyarakat. Jangan sampai masalah di daerah langsung masuk ke pusat,” katanya, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/2).

Untuk mengatasi permasalahan di daerah, Ditjen Bina Bangda Kemendagri melaksanakan rapat koordinasi teknis perencanaan pembangunan yang dibuka pada Kamis, 3 Februari 2022 pagi tadi.

Apa yang menjadi permasalahan di masyarakat dimasukan ke dalam dokumen perencanaan sesuai tugas pokok dan fungsi Ditjen Bina Bangda yaitu melakukan perencanaan, penganggaran dan pengawasan.

Sekilas tentang Podcast BPSDM Kemendagri dengan tagline “BIKIN BANGGA INDONESIA” merupakan salah satu rangkaian kerja program BPSDM TV yang berada di bawah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Diselenggarakan untuk memotivasi masyarakat Indonesia, yang diharapkan bisa memperkaya khasanah, pola pikir atau perspektif baru, khususnya di kalangan Aparatur Pemerintah.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi masyarakat Indonesia khususnya para Aparatur Sipil Negara, untuk mendapatkan motivasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari, dari berbagai sudut pandang, melalui perbincangan dengan narasumber yang mumpuni di bidangnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *