Tingkatkan Kenyamanan, Stasiun Yogyakarta Dilengkapi dengan Slasar Malioboro

by 3 weeks ago

Yogyakarta, Koran Jogja – PT Kereta Api Indonesia (Persero) lakukan pengembangan Kawasan Stasiun Yogyakarta dimulai dengan pembangunan Slasar Malioboro. Pembangunan ini bertujuan untuk memberikan peningkatan pelayanan dan kenyamanan masyarakat khususnya pelanggan Kereta Api yang akan berwisata ke Kawasan Malioboro.Pencanangan yangdilakukan pada Kamis (1/10) di Hall Stasiun Yogyakarta ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT KA ke-75 yang jatuh pada tanggal 28 September lalu.

“Slasar Malioboro diharapkan menjadi salah satu icon kota Yogya dan menjadi kawasan destinasi wisata baru serta menjadi representasi “WELCOME GREETINGS” dari Yogyakarta bagi pelanggan Stasiun Yogyakarta atau yang sering disebut masyarakat dengan sebutan Stasiun Tugu,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangannya, Jumat (2/10).

Dengan adanya pembangunan Slasar Malioboro ini, semoga dapat membangun serta meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat Yogyakarta, meningkatkan jumlah wisatawan, serta pelanggan menjadi lebih nyaman saat berada di kawasan Stasiun Yogyakarta nantinya

Slasar Malioboro merupakan area seluas 1.700m2 yang nantinya akan dibangun 18 unit retail komersial, 30 unit UMKM, jalur pedestrian, serta area pertunjukkan seni dan budaya lokal. Lahan yang memanjang tersebut akan menjadi penghubung langsung antara stasiun dengan kawasan Malioboro. Pekerjaan ini ditargetkan akan selesai pada Desember 2020.

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu daerah destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. KAI terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang berwisata ke kota Yogyakarta khususnya ke kawasan Malioboro.

Pengembangan kawasan Stasiun Yogyakarta ini juga merupakan salah satu langkah KAI dalam mewujudkan visi perusahaan yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia melalui integrasi Stasiun Yogyakarta dengan kawasan Malioboro.

“Ke depan, stasiun-stasiun lainnya juga akan KAI kembangkan dengan konsep serupa agar minat masyarakat menggunakan transportasi umum kereta api dapat lebih meningkat karena kemudahan akses menuju destinasi wisata,” kata Didiek.

Masyarakat akan dapat semakin mudah dan nyaman dalam menjangkau kawasan Malioboro dengan adanya pembangunan Slasar Malioboro ini. Selain mendukung peningkatan jumlah wisatawan, konsep Slasar Malioboro seperti ini tentunya juga mendukung penataan kawasan.

KAI berkomitmen untuk memajukan dan memodernisasi perkeretaapian Indonesia melalui pengembangan Kawasan Stasiun Yogyakarta. Dengan semakin tingginya mobilitas masyarakat nantinya, maka diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi nasional.

“Melalui pembangunan Slasar Malioboro ini diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi KAI dan masyarakat Yogyakarta, serta akan berkontribusi terhadap meningkatnya kualitas perekonomian masyarakat Yogyakarta,” ucapnya.(rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *